BACAKOLOGI

This Part in Sepositif

Daun Sirih Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Sirih adalah tanaman asli indonesia yang tumbuh merambat. Daun dan buah sirih bisa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur

Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air karena itulah daun sirih juga rendah kalori dan lemak. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1% lemak

Berikut ini segudang manfaat daun sirih bagi kesehatan tubuh.

1. Antiseptik

Kandungan antibakteri yang dimiliki daun sirih ampuh membunuh bakteri atau kuman. Cocok digunakan sebagai bahan cuci tangan.

2. Dapat Merawat Area Kewanitaan

Antijamur dan antibakteri pada daun sirih mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab keputihan serta menghilangkan bau tidak sedap sehingga miss V tetap terjaga.

3. Dapat Menurunkan Gula Darah

Penelitian melaporkan bahwa minum air rebusan daun sirih atau daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula.

Kandungan antioksidan yang tinggi bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidak seimbangan.

Baca Juga: Ketahui 7 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan Tubuh 

4. Dapat Menurunkan Kolesterol

Daun sirih mengandung antioksidan eigenol yang bekerja melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif penyebab berbagai penyakit krotis.

Daun sirih juga dapat menurunkan kadar tigliserida, kolesterol LDL, lemak jahat dalam tubuh dan membantu mengurangi jumlah lemak total.

5. Dapat Menangkal Kanker

Antioksidan eugenol yang terkandung dalam rebusan daun sirih dapat membantu memerangi radikal bebas penyebab kanker.

6. Dapat Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang rentan akan pertumbuhan bakteri dari apa yang kamu makan.

Dengan mengunyah daun sirih atau berkumur dengan rebusan daun telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut.

Selain itu daun sirih juga dapat mencegah gigi berlubang dengan melawan asam yang di hasilkan bakteri.

Baca Juga: Buah Pepaya Dengan 10 Manfaat Baik Bagi Kesehatan Tubuh 

7. Dapat Menurunkan Depresi

Beberapa riset menunjukkan bahwa daun sirih bisa membantu dalam mengendalikan gejala depresi pada orang-orang yang mengalami.

Menurut penelitian mengunyah daun sirih atau meminum air rebusannya dapat memicu obat untuk memproduksi hormon bahagia serotonin yang lebih baik.

8. Dapat Meningkatkan Energi

Mengunyah daun sirih dan biji pinang diketahui dapat meningkatkan energi. Hal ini terjadi karena biji pinang mengandung zat aktif yang bekerja untuk merangsang tubuh memproduksi hormon adrenalin. Meningkatnya hormon adrenalin membuat kamu lebih berenergi.

9. Dapat Mengobati Mimisan

Antioksidan tannin dalam sirih mempercepat respon tubuh untuk menyembuhkan luka dengan membekukan darah lebih cepat.

10. Dapat Mengobati Batuk

Rebusan daun sirih dipercaya mampu meringankan batuk karrna sirih mengandung vitamin B dan C serta alkaloid yang meredakan peradangan di tenggorokan penyebab batuk dan tenggorokan gatal.

Like & Share