BACAKOLOGI

This Part in Sepositif

Ada Banyak Manfaat Tahu Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Ada Banyak Manfaat Tahu Putih Bagi Kesehatan TubuhSama seperti tempe, tahu juga terbuat dari bahan kacang kedelai dan memiliki rasa yang lezat. Tahu paling mudah kita jumpai di Indonesia karena harganya yang murah dan menyehatkan.

Tahu memiliki kalori yang rendah dan sedikit mengandung lemak tetapi tahu kaya akan protein. Selain itu, tahu juga memiliki kadar natrium yang sangat rendah hampir tanpa kolesterol.

Tahu merupakan sumber yang kaya zat besi, magnesium, tembaga, fosfor, dan juga memiliki kalsium dan kalium yang baik bahkan tahu juga mengandung zinc yang merupakan mineral penting untuk kesehatan.

Berikut ini manfaat tahu yang sangat baik bagi kesehatan tubuh yuk simak selengkapnya.

1. Dapat Menurunkan Kolesterol

Tahu memiliki kadar asam lemak jenuh yang lebih rendah dan kadar asam lemak tak jenuh yang lebih tinggi karena hal itu tahu dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan dapat membantu dalam menurunkan kolesterol jahat.

2. Dapat Menurunkan Risiko Terkena Kanker Prostat dan Payudara

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa di dalam tahu mengandung isoflavon yang bisa mencegah kanker prostat dan kanker payudara.

Baca Juga: 8 Manfaat Tempe Bagi Tubuh dan Cocok Untuk Kamu Yang Lagi Diet 

3. Baik Untuk Fungsi Ginjal

Tahu dapat meningkatkan fungsi ginjal bagi orang yang menjalani dialisis atau transplantasi ginjal.

4. Dapat Mencegah Anemia

Tahu sebagai sumber zat besi yang sangat baik dan dapat membantu mencegah anemia.

Sebuah penelitian yang dilakukan di China menunjukkan bahwa manfaat makan tahu dapat membantu menurunkan risiko anemia pada orang dewasa.

5. Dapat Mencegah Osteoporosis

Tahu adalah sumber kalsium yang merupakan bahan utama dalam pembentukan tulang. Kekurang kalsium dalam tubuh dapat menyebabkan osteoporosis terutama di usia tua.

Namun bila rutin mengonsumsi tahu dapat memperlambat pengeroposan tulang dan menjaga tulang tetap kuat.

6. Dapat Mencegah Menopause Dini

Menopause dini terjadi karena adanya ketidakseimbangan kadar horman estrogen di dalam tubuh.

Tahu memiliki kandungan isoflavon pada tahu ternyata bisa membantu dan menjaga keseimbangan hormon untuk mencegah menopause dini.

Baca Juga: Daun Sirih Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh 

7. Dapat Mencegah Kerusakan Pada Hati

Satu studi pada tikus menunjukkan bahwa semua jenis tahu dapat membantu mencegah kerusakan hati yang di sebabkan oleh radikal bebas.

8. Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Tahu dapat mengurangi kadar lipoprotein densitas rendah atau kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

9. Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan lesitin yang ada di dalam tahu dapat membantu tubuh memproduksi asam fosfatidilserin (PS) yang dapat membantu neuron berfungsi normal untuk membantu dalam meningkatkan daya ingat.

10. Dapat Menjaga Berat Badan

Jika kamu sedang menjalani program diet tahu bisa kamu jadikan makan yang dapat dikonsumsi secara rutin karena, tahu bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang sehat dan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Baca Juga: Ketahui 7 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan Tubuh 

11. Dapat Mencegah Rambut Rontok

Tahu juga mencegah masalah kerontokan pada rambut karena mengandung keratin, protein penting untuk pertumbuhan rambut.

Like & Share