Share

Inilah Manfaat Buah Nanas Yang Jarang Diketahui Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah Manfaat Buah Nanas Yang Jarang Diketahui Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa yang menyukai buah nanas? yah, buah satu ini merupakan buah tropis dan sangat mudah dijumpai diberbagai tempat dan memiliki rasa enak dan menyegarkan.

Nanas atau Ananas comosus adalah buah tropis yang sangat lezat dan memiliki ciri khas kulit yang tajam namun buah nanas memiliki kandungan gizi dan kaya akan vitamin.

Buah nanas dapat dikonsumsi secara langsung dan juga dapat diolah menjadi selai, lotis dan smoothies. Buah nanas juga memiliki kandungan nutrisi seperti folat, kalsium, seng, vitamin A dan K.

Selain menyegarkan buah ternyata buah nanas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Berikut ini manfaat nanas bagi kesehatan.

1. Sebagai Atioksidan

Tidak kaya akan nutrisi nanas juga mengandung antioksidan yang menyehatkan. Antioksidan dapat membantu tubuh untuk melawan senyawa oksidatif.

Oksidatif adalah keadaan di mana ada terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini berinteraksi dengan sel-sel tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan semakin yang lemah, dan banyak penyakit berbahaya.

Dengan mengonsumsi buah nanas akan mencukupi asupan flavonoid dan asam fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan dalam buah nanas memiliki sifat terikat yang memungkinkan antioksidan akan bertahan lebih lama didalam tubuh.

Baca Juga:
Khasiat dan Manfaat Mengonsumsi Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

2. Melancarkan Sitem Pencernaan

Nanas mengandung enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

Enzim bromelain berfungsi sebagai protease yang memecah molekul protein seperti asam animo dan peptida. Setelah molekul protein dipecah mereka akan lebih mudah diserap oleh usus kecil.

3. Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan, nanas dan senyawanya dapat menurunkan risiko terkena kanker.Hal ini terjadi karena kandungan bromelain yang terdapat dalam nanas juga dapat meminimalkan senyawa oksidatif, dapat mengurangi peradangan kronis dan membantu melawan kanker.

Kanker adalah penyakit kronis tidak menular yang ditandai dengan adanya sel/jaringan abnormal yang bersifat ganas dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Salah satu manfaat buah nanas untuk kesehatan yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena buah ini memiliki berbagai macam vitamin, mineral dan enzim, seperti bromelain yang dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan.

Satu studi sembilan minggu memberi makan 98 anak sehat yang terbagi dalam 3 kelompok. Setiap harinya, kelompok pertama diberi makan tanpa nanas, kedua diberi potongan nanas 140 gram, dan ketiga porsi nanas 280 gram.

Anak-anak yang makan nanas memiliki risiko infeksi virus dan bakteri yang jauh lebih rendah. Selain itu, anak-anak yang makan nanas paling banyak memiliki hampir empat kali lebih banyak sel darah putih yang melawan penyakit (granulosit) daripada dua kelompok lainnya.

5. Membantu Mepercepat Pemulihan Pasca Operasi

Kandungan bromelain dalam buah nanas dapat mengurangi peradangan, bengkak, memar, dan nyeri yang sering terjadi setelah operasi.

Bromelain diyakini mempercepat pemulihan kerusakan yang disebabkan oleh olahraga berat dengan mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak.

Like & Share