Share

Buah Pepaya Dengan 10 Manfaat Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Pepaya atau kates adalah buah yang tumbuh di daerah tropis dengan rasa yang manis. Buah pepaya sangat mudah untuk di dapat karena harganya yang murah.

Buah ini berbentuk lonjong dengan tekstur yang tidak beraturan, berwarna hijau orange dan daging buah sedikit kemerahan dan rasa manis yang segar. Selain rasanya yang manis buah ini juga sering kali di kenal memiliki manfaat yang bagus untuk melancarkan sistem pencernaan.

Berikut ini 10 manfaat bila rutin konsumsi pepaya untuk kesehatan tubuh.

1. Baik Untuk Pencernaan dan Diet

Mengonsumsi pepaya sangat baik untuk sistem pencernaan. Selain itu, dapat membantu menurunkan berat badan. Karena di dalam buah pepaya terdalat kandungan enzim papain yang membuat protein menjadi lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Baca Juga: Dibalik Bentuk Unik Buah Naga Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan 

2. Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol

Pepaya merupakan sumber serat, antioksidan serta vitamin C yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin E, C dan A pada buah pepaya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga terhindar dari penyakit infeksi seperti flu dan pilek.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada buah pepaya mampu menjaga kesehatan kornea mata dan menghasilkan kelembapan yang cukup untuk melumasi mata dan mencegah mata kering.

5. Mengurangi Resiko Penyakit Kanker dan Jantung

Likopen senyawa antioksidan dalam buah pepaya berperan dalam menangkap radikal bebas sebagai penangkal kanker dan membantu menjaga kesehatan jantung serta meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

6. Melindungi Dari Radang Sendi

Buah pepaya memiliki anti-inflamasi yang kuat dan kaya vitamin C. Mengonsumsi pepaya baik sekaki untuk memperkuag tulang dan melindungi terhadap arthritis atau radang sendi.

Baca Juga: 11 Manfaat Baik Mengonsumsi Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh 

7. Mencegah Penuan Dini

Enzim papain tidak hanya membantu melancarkan pencernaan. Trtapi juga mampu meregenerasi kulit sekaligus melembutkannya.

Vitamin C dan A dapat membantu menyamarkan bintik hitam dan kerutan halus di kulit serta merangsang pembentukan kolagen yang efektif untuk mencegah munculnya keriput.

8. Mencegah Kerontokan Rambut dan Menjaga Kesehatan Kuku

Kandungan vitamin dan mineral pada buah pepaya dapat membantu meningkatkan kesuburan rambut sekaligus menjaga kesehatan kuku.

Pepaya bisa dijadikan masker alami unyuk menyuburkan dan melebatkan rambut.

9. Menyembuhkan Kulit Yang Terbakar Oleh Matahari.

Papain pada pepaya mengandung enzim likopen. Likopen baik untuk kesehatan kulit karena berperan sebagai antioksidan yang membantu menangkal masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.

10. Mengurangi Stres

Kandungan vitamin C pada buah pepaya cukup tinggi yang berkhasiat menjaga produksi hormon stres agar tetap rendah

Like & Share