Share

Berbagai Macam Manfaat Sayur Sawi Bagi Kesehatan Tubuh

Sayur sawi merupakan salah satu sayuran populer bagi masyarakat Indonesi karena sayur sawi mudah diolah dalam berbagai masakan, seperti tumisan, sayur berkuah, asinan, bahkan cocok juga menjadi teman pada mie rebus.

Sayuran sawi memiliki berbagai macam warna lainnya yaitu sawi putih kehijauan dan hijau gelap. sawi masuk dalam genus Brassica dengan famili sayuran cruciferous. Tamanan ini masih satu famili dengan kubis-kubisan yang memiliki kandungan senyawa anti kanker.

Sayur sawi memiliki kandungan seperti vitamin B dalam bentuk asam folat, vitamin A yang berasal dari karoten, vitamin C, dan vitamin K. Sawi juga mengandung berbagai mineral seperti sodium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium. Selain itu, sawi mengandung serat yang cukup tinggi.

Berikut ini manfaat sayuran sawi bagi kesehatan tubuh.

1. Baik Untuk Diet

Sawi hijau merupakan sumber serat yang baik, kam bisa menambahkan sawi hijau dalam menu makan sehari-hari bisa membantu kamu yang sedang menjalani program diet.

2. Dapat Melawan Infeksi

Senyawa antioksida pada sawi yaitu isothiocyanates yang dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab infeksi. Antioksidan pada sayur sawi juga menghalangi bakteri H. pylori memproduksi zat sampah yang mengiritasi lambung.

Baca Juga: Ada Banyak Manfaat Tahu Putih Bagi Kesehatan Tubuh

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Senyawa indole pada sayuran sawi dapat melawan virus atau bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Beberpa penelitian menemukan bahwa sayur sawi kemungkinan besar dapat mencegah kanker bila dikonsumsi secara rutin, yaitu kanker hati, kanker paru-paru, kanker kolorektal, kanker prostat, kanker payudara, kanker kantung kemih, kanker lambung, dan kanker pankres.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung terjadi akibat adanya gangguan atau kelainan fungsi jantung atau pembuluh darah disekitar jantung.

Dengan mengonsumsi sayuran sawi, kolestrol baik dapat diubah menjadi asam empedu yang dapat membantu memecahkan lemak dalam makanan dan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dapat ditekan.

5. Dapat Mengatasi Gangguan Pernafasan

Sawi merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Vitamin C yang ada pada sayur sawi mampu membantu meringankan radang sinus dan mengurangi risiko asma bahkan sayuran ini dapat memproteksi tubuh dari beberapa infeksi virus gangguan pernafasan seperti flu dan pilek.

6. Dapat Menjaga Kepadatan Tulang

Vitamin K pada sayuran sawi didapat menjaga kepadatan tulang. Sawi mengandung 524% asupan vitamin K yang sangat dibutuhkan oleh orang dewasa. Dengan mengonsumsi sayur sawi secara rutin sangatlah baik untuk kesehatan tulang serta mampu menjada kepadatan tulang baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Baca Juga: 8 Manfaat Tempe Bagi Tubuh dan Cocok Untuk Kamu Yang Lagi Diet

7. Dapat Mengobati Psoriasis

Kandungan pada sayur sawi mampu berperan dalam memfasilitasi stimulasi enxim, seperti superoksida dismutase dan katalase yang dapat menenangkan peradangan dan memberikan efek pereda nyeri pada penderita psoriasis.

Psoriasis adalah peradangan yang terjadi pada kulit, penyakit ini ditandai dengan ruam merah, kulit terasa kering, tebal, bersisik dan mudah terkelupas.

Like & Share