Share

Tahukah Kalian Sayur Bayam Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

Sayur bayam adalah sayur yang memiliki kandungan gizi, rendah kalori dan kaya serat. Menurut Menteri Kesehatan RI sayur bayam yang masih menyah terdapat berbagai vitamin seperti, Vitamin A, vitamin B1 dan B2, Vitamin E, vitamin K, Niacin, beta karoten hingga vitamin C. Sedangkan mineral yang dimiliki oleh bayam seperti, zat besi, magnesium, kalsium, asam folat, sodium dan potasium.

Sayur bayam merupakan sayuran yang sering di masak karena sayuran in menawarkan cita rasa yang segar dikonsumsi. Bayam (Amaranthus) adalah tumbuhan yang ditanam untuk dikonsumsi daunnya. Sayuran ini berasal dari Amerika namun sekarang sudah tersebar diseluruh dunia.

Berikut ini segudang manfaat sayur bayam bagi kesehatan.

1. Mencegah Kesehatan Kulit

Bayam memiliki kandungan antioksidan yang kaya sehingga sangat baik bagi perlindungan kulit.

2. Baik Untuk Mata

Bayam memiliki Kandungan beta karoten, lutein dan xanthene yang sangat kaya sehingga baik untuk penglihatan. Selain itu, bayam juga baik untuk mengurangi rasa gatal pada mata, membantu mengobati ulkus mata dan gangguan mata lainnya. Selain itu, antioksidan yang didapat dari lutein dan xanthene dapat mencegah radikal bebas yang menyebabkan katarak pada mata.

Baca Juga: Berbagai Macam Manfaat Sayur Sawi Bagi Kesehatan Tubuh 

3. Mencegah Tekanan Darah

Kandungan potasium pada sayur bayam dapat menurunkan tekanan darah. Dengan mengonsumsi sayur bayam dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

4. Mencegah Kanker

Sayur bayam memiliki kandungan zat seperti, sulfoquinovosyl diacylglycerol (SQDG) dan monogalactosyl diacylglycerol (MGDG). Kedua zat ini dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Menurut penelitian membuktikan dengan mengonsumsi sayur bayam juga dapat membantu memperlambat pertumbuhan kanker prostat, kanker payudara dan sel tumor serviks karena antioksida pada sayur bayam berperan untuk melawan kanker yang disebabkan stres oksifatif.

5. Mencegah Asma

Nutrisi beta karoten berperan unttuk mencegah asma. Hal ini berdasarkan sebauh riset yang melibatkan 433 anak sebagai responden yang menunjukkan bahwa risiko terkena asma menjadi lebih rendah. Selain itu bayam juga baik dalam menjaga kesehatan tulang, melancarkan pencernaan, dan menjaga kesehatan rambut.

6. Mencegah Anemia

Bayam merupakan salah satu sumber asupan zat besi yang baik. Namun, bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Kelor Dan Cara Penggunaannya

7. Mencegah Risiko Diabetes

Bayam memiliki kandungan asam alfa lipoat yang dapat menurunkan gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif serta menekan dampak stres oksidatif pada pasien diabetes.

Like & Share