Share

Selain Menyegarkan Untuk Buka Puasa, Cincau Hitam Memiliki Manfaat!

Selain Menyegarkan Untuk Buka Puasa, Cincau Hitam Memiliki Manfaat!

Cincau hitam menjadi salah satu menu berbuka puasa yang cukup sering disajikan. Cincau hitam membuat buka puasa semakin segar, biasanya cincau ini sering dikonsumsi pada siang hari untuk melepaskan dahaga karena cuaca yang panas. Apalagi dengan tambahan es yang dingin cincau hitam akan semakin menyegarkan.

Cincau hitam terbuat dari tanaman Mesona palustris. Cara membuatnya adalah menjemur daun sehingga terokdasi langsung dibawah sinar matahari kemudian rendam tamanan tersebut di air hingga subtansinya berubah menjadi gel, waktu yang diperlukan sekitar 8 jam.

Tidak hanya menyegarkan ternyata juga menyehatkan. Berikut ini manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi cincau hitam.

1. Menjaga Berat Badan

Cncai hitam bermanfaat untuk menjaga berat badan. Hal ini disebabkan karena cincau hitam tidak memiliki kalori karena dbuat dari daun cau yang merupakan bahan alami dan tidak memiliki rasa.

Bagi kamu yang sedang melakukan program diet, mengonsumsi cincau hitam sangat disarankan karena rendah kalori dan kaya serat. Selama bulan puasa, kamu bisa mengonsumsi cincau untuk menahan diri makan berlebihan.

Baca Juga:
Bulan Puasa! Buah Blewah Yang Memiliki Banyak Manfaat

2. Menghindari Diabetes

Cincau hitam dapat melindungi sel-sel beda di pankres ang memproduksi insulin. Dengan begitu gula darah bisa terjaga sekaligus menekan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

3. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang berfungsi untk membantu mengeluarkan sampah dan racun dari dalam sistem pencernaan. Kandungan vitamin B dan vitamin C yang terkandung pada cincau hitam dapat melancarkan pencernaan. Selain itu kandungan vitamin B dan C dalam cincau juga mampu mencegah diare dan meredakan gejalanya.

4. Sumber Antioksidan

Beberapa penelitian menemukan fakta menarik bahwa manfaat cincau hitam yang utama adalah sebagai antioksidan.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cincau hitam sering dijadikan suplemen tambahan untuk meningkatkan kekebalan tubuh berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Orang yang sedang kurang enak badan bisa mengonsumsi cincau hitam untuk menambah imunitas.

6. Mencegah Kanker dan Tumor

Kandungan isokandrodendrin dan alkaloids bisbenzilsokuinolin dalam cincau hitam membantu mencegah seseorang terkena tumor hingga kanker ginjal. Selain itu, cincau hitam juga bisa menjadi pencegah inflamasi atau peradangan.

7. Menjaga Tekanan Darah dan Kolesterol

Rendah kalori pada cincau hitam dapat menjaga tekanan darah dan kolesterol sehingga menyeimbangi kolesterol saat kamu mengonsumsi makan lain ketika berbuka puasa, seperti grengan atau makan-makanan yang bersantan.

8. Menetralkan Asam Lambung

Mengonsumsi cincau hitam sangat baik untuk menetralkan asam lambung yang merupakan penyakit yang sering menghampiri saat menjalankan ibadah puasa. Tetapi kamu bisa mengonsumsi cincau saat keadaan perut kosong, hal ini bisa membuat tubuh kamu terasa lebih dingin dan memberikan kenyamanan pada pencernaan setelah seharian puasa.

Like & Share