Share

Tahukah Kamu 7 Manfaat Sayur Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran hijau. Sayuran ini termasuk dalam kultivar italica dari Brassicaceae oleracea sama seperti kol dan kembang kol.

Meski kebanyakan orang tidak menyukai rasa brokoli tetapi ternyata brokoli termasuk sumber makanan yang menyehatkan, lho.

Sayur brokoli memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh seperti serat, karbohidrat komplek, protein, air, mineral kalsium, magnesium, kalsium, fosfor, zinc serta zat besi. Selain itu, brokoli juga memiliki beragam jenis vitamin termasuk vitamin A, B, C, E, K dan folat.

Apa saja manfaat sayur brokoli bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara rutin.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C pada brokoli dapat meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) bila kamu rutin mengonsumsi sayuran ini karena dengan daya tahan tubuh yang baik kau bisa terhindar dari berbagai penyakit.

2. Mencegah Kanker

Ada sebuah penelitian mengatakan brokoli dapat membantu mencegah berbagai bentuk kanker seperti kanker paru0paru, prostat, payudara dan usus besar.

Senyawa yang dapat mencegah kanker adalah sulforaphane atau sulfur organik alami. Penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi brokoli 3 porsi dalam seminggu dapat mengurangi risiko kanker hingga 60%.

Baca Juga: Kamu Harus Tahu Manfaat Sayur Oyong (Kisik) Baik Untuk Kesehatan Tubuh 

3. Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan serat, antoksidan dan kalium yang tinggi pada brokoli dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat dan antioksida dapat menurunkan kolesterol dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah. Sedangkan kalium membantu menjaga tekanan darah dan irama jantung tetap stabil.

4. Melancarkan Pencernaan

Brokoli memiliki kandungan serat dan air yang dapat merangsang gerakan usus dan memperlancar pencernaan. Selain itu brokoli juga dapat menjaga kesehatan saluran cerna dan mencegah sembelit.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Brokoli banyak memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu melawat kerusakan kulit akibat polusi dan paparan sinar matahari. Brokoli juga dipercaya dapat melawan keriput dan memperbaiki tekstur kulit sehingga membuat kulit lebih muda.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Brokoli kaya akan kalium, vitamin k, dan magnesium yang sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan gigi dan menjaga kepadatan tulang.

Baca Juga: Selain Obat Herbal Sayur Katuk Memiliki Manfaat Lain Bagi Kesehatan 

7. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kandungan vitamin K dan kolin pada brokoli dapat membantu dalam meningkatkan daya ingat dan memori selain itu kandungan sulforaphane dapat mencegah timbulnya Alzheimer dan banyak penyakit neurodegeneratif.

Like & Share