Share

Kamu Harus Tahu Manfaat Sayur Oyong (Kisik) Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Gambas atau sayur oyong tetapi dibagian daerah tertentu sayur ini di sebut degan saur kisik. Sayur oyong merupakan tanaman yang tumbuh merambat dan memiliki bentuk memanjang, memiliki tonjol-tonjulan kasar dikulitnya, buahnya berwana hijau.

Sayur oyong sangat mudah untuk diolah dijadikan masakan sayur lodeh, ditumis, direbus, sop atau disayur bening. Sayur oyong memili rasa yang sangat lezat karena dagingnya masih sangat lembut.

Sayur ini memiliki berbagai macam nutrisi seperti protein, serat, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, B2, B5, B6, vitamin C, magensium, kalium, tembaga, natrium, kalsium, folat, zat besi, dan fosfor. Selain kandungan nutrisi sayur oyong juga kaya antioksidan seperti oligomer, fenolik dan turunan flvonoid.

Sudah tahukan sekarang apa saja kandungan yang dimiliki sayur oyong, nah berikut ini berbagai manfaat sayur oyong bagi kesehatan tubuh kamu.

1. Meredakan Asma

Sayur oyong dipercaya dapat membantu mengontrol/mengendalikan asma karena antioksidan dan vitamin C yang dimiliki cukup tinggi.

Studi terbitan Journal of Allergy and Clinical Immunology menemukan bahwa penderita asma yang kekurangan vitamin C lebih sering mengalami gejala kambuh. Ini menandakan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin C harian dapat membantu mengendalikan asma.

Baca Juga: Selain Obat Herbal Sayur Katuk Memiliki Manfaat Lain Bagi Kesehatan https://www.bacakologi.com/selain-obat-herbal-sayur-katuk-memiliki-manfaat-lain-bagi-kesehatan/

2. Membantu Menghilangkan Jerawat

Kandungan vitamin C yang dimiliki pada sayur oyong sangat baik untuk kesehatan kulit sehingga dapat membantu dan mampu mengurangi jerawat di wajah.

3. Dapat Menurunkan Berat Badan

Sayur oyong adalah maka yang rendah kalori, lemak jenuh dan rendah kolesterol sehingga sayuran ini bisa kamu masukkan didalam menu diet untuk menurunkan berat badan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Vitamin B5 yang terkandung didalam sayur oyong dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Nutrisi ini diketahui dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah sehingga mengurangi risko penyakin jantung.

5. Dapat Memelihara Kesehatan Mata

Sayur oyong memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan mata hingga mencegah berbagai penyakit mata.

6. Mengatasi Sembelit

Bagi kamu yang sedang mengalami sembelit sayur oyong dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan mengatasi s

sembelit. Sebab, sayuran ini kaya akan serat dan air yang tinggi. Kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan seperti buat sirsak, anggur merah yang juga bisa membantu kamu mengatasi sembelit yang sedang kamu alami.

7. Menurunkan Kolesterol

Melansir dari laman Harvard Health Publishing, serat adalah komponen makanan penting untuk menurunkan kolesterol.

Selain itu, menurut sebuah studi terbitan Global Journal of Medical Research, polisakarida dalam lendir sayur oyong dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol karena kemampuannya mengikat asam empedu yang membawa racun dari hati. Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa minyak dari biji okra sama berpotensinya untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

8. Meningkatkan Imunitas Tubuh

jumlah vitamin C serta zat antioksidan yang tinggi dalam sayur oyong dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena vitamin C dapat merangsang produksi sel darah putih menjadi komponen yang penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Tahukah Kamu Sayur Kangkung Memiliki Manfaat Baik Untuk 

9. Mencegah Gangguan Pada Organ Ginjal

Mengonsumsi sayur oyong dengan teratur dipercaya dapat mencegah gangguan pada ginjal terutama pada mengidap diabetes. Melansir studi terbitan Global Journal of Medical Research, pengidap diabetes yang makan okra setiap hari menunjukkan kerusakan ginjal yang lebih ringan ketimbang yang tidak.

10. Anti Radang

Dipercaya biji dari sayur oyong dapat digunakan sebagai obat anti radang alami karena sayuran ini memiliki kandungan flvonoid dan fenolik.

Like & Share