Share

Menyegarkan Buah Lontar Juga Memilki Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Menyegarkan Buah Lontar Juga Memilki Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak tahu dengan buah lontar, yah buah yang sering kali kita jumpai. Selain menyegarkan ternyata buah ini mempunyai banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Buah lontar atau siwalan adalah buah yang termasuk dalam golongan buah palma. Buah ini juga mirip dengan kolang-kaling, lontar banyak tumbuh di daerah tropis, wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Di Indonesia buah lontar dapat ditemui disejumlah daerah mulai dari Jawa, Bali, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara.

Buah yang sangat menyegarkan ini memiliki banyak kandungan seperti, air, energi, protein, karbohidrat, lemak, serat, kalsium, fosfor dan zat besi.

Buah lontar memiliki tekstur yang lunak, bening dan banyak mengandung air. Tentunya buah lontar memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

1. Dapat Mencegah Dehidrasi

Kandungan air pada buah lontar dapat membantu menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh. Selain itu buah lontar memiliki sifat diuretik yang artinya dapat melancarkan pembuangan urine.

2. Antioksida

Penelitian dari Food Science and Biotechnology menemukan kandungan antioksidan dalam lontar yang memiliki manfaat untuk tubuh.

Daging buah lontar memiliki kadar antoksidan yang tinggi. Antioksidan adalah zat yang akan membantu mencegah atau memperlambat perusahan sel dalam tubuh karena stres oksidatif.

Baca Juga: 3 Tips Cara Mengatasi Ketika Asam Lambung Naik

3. Dapat Menurunkan Berat Badan

Buah lontar memiliki kalori yang rendah sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalani diet. Selain itu buah lontar juga mengandung serat yang dapat membantu pembentukan bakteri baik pada tubuh yang memberikan manfaat untuk kesehatan pencernaan.

4. Dapat Menjaga Kesehatan Ginjal

Buah lontar mengandung fosfor yang dapat menjaga kesehatan ginjal dengan membantu kerja ginjal dalam menyaring kotoran sisa pembuangan pencernaan.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C pada buah lontar dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang dipicu oleh serangan radikal bebas.

6. Antibiotik

Buah lontar juga dikenal sebagai antibiotik alami. Kanduangn enzimdi dalam buah lontar sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan mikroorganisme jahat seperti virus dan bakteri yang mengancam kesehatan tubuh.

7. Menghilangkan Stres

Cobalah konsumsi buah lontar manakala kamu sedang mengalami stres karena sensasi segar yang dihasilkan buah lontar apa lagi jika dikonsumsi dalam bentuk minuman dingin secara tidak langsung dapat memengaruhi suasana hati atau mood menjadi lebih baik dan bersemangat.

Like & Share