Share

3 Tips Cara Mengatasi Ketika Asam Lambung Naik

Asam lambung naik

Produksi asam lambung yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan refluks asam lambung.

Ada beberapa faktor yang memicu naiknya asam lambung kerongkongan seperti makan makanan pedas, stres, berbaring setelah makan, dan makan berlebihan.

Naiknya asam lambung dapat menyebabkan rasa nyeri terbakar diulu hati, mual, kembung, kehilangan nafsu makan dan mudah kenyang saat makan.

Cara mengatasi asam lambing naik berikut ini yang dapat kamu lakukan.

1. Hindari Makanan Yang Dapat Memicu Asam Lambung

Selain mengonsumsi makan yang baik ada baiknya kamu mentralkan asam lambung terlebih dahulu. Kamu juga tidak disaran untuk mengonsumsi makan yang dapat memicu asam lambung naik seperti, cokelat, kopi atau minuman kafein, peppermint, tomat atau produk olahannya, makanan yang asam dan pedas, minuman alkohol, dan lain-lain.

Baca Juga: Penyakit Asam Urat: Kenali Gejala, Penyebab dan Tips Pencegahannya 

2. Minum Obat Maag

Obat maag dapat membantu meredakan rasa perih yang disebabkan oleh asam lambung dengan car menetralkan asam lambung dan menginaktifkan pepsin, sehingga rasa nyeri di ulu hati akibat iritasi oleh adam lambung dan pepsin dapat berkurang.

3. Konsumsi Makanan Yang Dapat Menetralkan Asam Lambung

Saat asam lambung naik dan menyebabkan nyeri di ulu hati, kamu dapat mengonsumsi buah pisah, oatmeal atau sayuran hijau yang dapat membantu dalam meredakan rasa nyeri tersebut.

Kamu juga dapat mengonsumsi air rebusan jahe hangat karena sifat jahe sebagai antiradang alami untuk membantu meredakan nyeri akibat asam lambung naik.

Like & Share