July 12, 2020

BACAKOLOGI

This Part in Sepositif

Tips Menjaga Kesehatan Mental ditengah Pandemi Covid-19

Tips Menjaga Kesehatan Mental ditengah Pandemi Covid-19
Tips Menjaga Kesehatan Mental ditengah Pandemi Covid-19

Virus Corona atau Covid-19 memicu ketidakpastian diseluruh dunia. Penyebaran Covid-19 sudah menjadi global membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyematkan wabah Covid-19 sebagai pandemi.

Himbauan tetap berada dirumah saja supaya penyakit Covid-19 tidak semakin meluas. Tak hanya itu masyarakat juga diminta melakukan upaya pencegahan seperti, selalu mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker hingga selalu menjaga kebersihan.

Disisi lain berita mengenai wabah Covid-19 yang tak kunjung meredah. Hal ini dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang. Kecemasan berlebihan akan terjadi karena takut terinfeksi Virus Corona.

Berikut ini tips untuk menjaga kesehatan mental ditengah pandemi wabah Covid-19. Yuk disimak!

1. Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Daripada kalian pusing dan cemas karena dihantui dampak negatif saat terjangkit virus. Ada baiknya kamu mulai menengakan diri dengan cara menjaga kebersihan diri sendiri maupun lingkungan tempat tinggal kamu. Menjaga kebersihan sudah menjadi langkah pertama yang baik untuk menjaga diri.

2. Selalu Berpikir Positif

Tetaplah berpikir positif dan kurangi mengonsumsi pikiran negatif. Selalu berpikir positif bahwa penyakit covid-19 bisa sembuh sehingga kita bisa sadar dan masih ada harapan.

3. Batasi Membaca Berita dan Seleksi Bacaan Tentang Covid-19

Berita tentang covid-19 sudah tidak bisa terlepas dari semua media. Baik siaran televisi, koran dan media sosial. Karena itu ada baiknya bila kalian membatasi bacaan berita karena itu dapat membantu mengurangi kecemasan. Seleksi juga sumber berita yang dapat dipercaya seperti laman resmi pemerintah/otoritas kesehatan.

4. Tetap Konsumsi Makanan Sehat

Walau kita diharuskan tetap dia saja dirumah. Kalian juga harus memperhatikan makanan yang kalian konsumsi. Jangan lupa konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan lauk pauk yang kaya akan vitamin dan protein untuk membantu meningkatkan imun tubuh.

5. Tetap Menjaga Komunikasi dengan Keluarga, Kerabat dan Sahabat

Berada dirumah saja bukan berarti kalian bermusuhan sama semua orangkan. Meskipun menjaga jarak secara fisik adalah langkah awal yang paling dapat kalian lakukan untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Tetapi kita masih dapat menjalin komunikasi dengan keluarga, kerabat, sahabat dan komunitas kalian dengan memanfaatkan berbagai jenis sosial media lainnya yang biaa membantui kalian tetap terkoneksi dan komunikasi dengan mereka.

Like & Share