Share

Menyegarkan Air Kelapa Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Menyegarkan Air Kelapa Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Air kelapa tidak hanya memiliki rasa yang enak dan juga sangat menyegar. Ketika cuaca panas, minum air kelapa bisa menjadi salah satu pilihan untuk menyegarkan tubuh kamu. Selain menyegarkan air kelapa mengandung mineral yang sangat penting bagi tubuh.

Air kelapa mengandung 94% air dan sedikit lemak, tidak hanya itu air kelapa juga mengandung kalori, karbohidrat, serat, protein, citamin C, magnesium, kalium, sodium, potasium dan kalsium.

Berikut ini manfaat air kelapa yang baik bagi kesehatan tubuh.

1. Dapat Memenuhi Kebutuhan Tubuh

Air kelapa merupakan sumber serat, vitamin C, dan beberapa mineral baik untuk kesehatan tubuh.

Air kelapa berasal dari kelapa mudah yang berusia sekitar6-7 bulan dan juga ditemukan pada buah dewasa.

Kandungan kalori yang dimiliki air kelapa seperti kadrbohidrat, serat, protein, vitamin, magnesium, mangan, kalium dan lain-lain.

2. Dapat Mencegah Batu Ginjal

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa memiliki manfaat yang dapat mencegah batu ginjal. Namun, hal ini masih perlu dilakukan banyak penelitian untuk membuktikannya.

Baca Juga: Mengonsumsi Jus Buah dan Sayur Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat

3. Dapat Membantu Menurunkan Gula Darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa air kelapa dapat meningkatkan kontrol gula darah, karena sumber magnesium pada air kelapa dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah.

4. Antioksidan

Air kelapa mampu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas karena memiliki sifat antioksidan. Tubuh yang memiliki banyak radikal bebas dapat memicu stres oksidatif yang dapat merusak sel dan meningkatkan risiko penyakit.

5. Mengganti Ion Tubuh Yang Hilang

Menurut penelitian, air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat dibandingkan air biasa atau minuman olahraga.

6. Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Air kelapa dapat menurunkan risiko penyakit jantung karena dipercaya dapat menurunkan tingkat kolesterol dan trigliserida. Namun, hal ni masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Like & Share