Share

Kenali Manfaat Tanaman Herbal Patah Tulang, Bisa Mengobati Kutil

Manfaat Tanaman Patah Tulang

Pernahkah kamu mendengar tanaman patah tulang? Hah! nggak pernah denger nih. Baiklah bagi kamu yang belum mengenal tanaman herbal ini kita kenalan dulu yah.

Tanaman patah tulang adalah salah satu jenis tanaman perdu yang bisa tumbuh setinggi 2-6 meter. Tanaman ini bisa menjadi tanaman pagar, ditanam dalam pot, bahkan bisa dibiarkan tumbuh liar. Tentunya tanaman patah tulang hanya bisa ditemui di negara tropis salah satu Indonesia.

Tanaman herbal patah tulang banyak menyimpan getah beracun yang sangat berbahaya jika getahnya mengenai badan. Akan tetapi, bagian lain dari tanaman ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh yang dipercaya dapat menyembuhkan kutil, wasir, sakit gigi hingga asma. Berikut ini manfaat yang tanaman herbal patah tulang.

1. Dapat Mengobati Kutil

Kutil bukanlah masalah besar tapi kalau dibiarkan saja bisa merusak keindahan kulit, tanaman patah tulang percaya dapat membantu dalam mengobati kutil. Untuk pengobatannya cukup siapkan patah tulang dan daunnya, kemudia rebus menjadi satu menggunakan 4 liter air, tunggu hingga airnya menguap dan berkurang setengahnya lalu diamkan sampai tidak panas, rendamkan kaki dan tangan yang mengalami masalah ini.

Baca Juga:
Jarang Diketahui Manfaat Daun Meniran Bagi Kesehatan Tubuh

2. Dapat Mengobati Patah Tulang

Dalam jurnal tertentu menyebutkan bahwa tanaman patah tulang banyak digunakan di Pulau Jawa untuk menyembuhkan patah tulang. Penduduk setempat menggunakannya dengan cara menggosokkan getahnya ke area tubuh yang mengalami fraktur.

Tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut yang bisa memberikan bukti ilmiah terhadapat manfaat tanaman patah tulang untuk menyembuhkan fraktur maupun penyakit lain.

3. Dapat Mengatasi Asma

Studi menunjukkan bahwa tanaman patah tulang juga dapat mengatasi peradangan yang terjadi akibat penyakit bronkitis.

Sifat anti-inflamasi pada tanaman patah tulang sehingga mampu mengatasi infeksi. Dikutip dari laman briliofood.net, tanaman patah tulang dipercaya bisa mengatasi asma yang terjadi infeksi atau peradangan paru-paru.

4. Dapat Membantu Meredakan Cedera Ringan

Getah pada tanaman patah tulang memilih khasiat untuk meredakan cedera ringan seperti tertusuk duri, caranya oleskan getah kebagian kulit yang tertusuk untuk mengeluarkan duri didalamnya dan jangan sampai getahnya terkena matah atau tertelan karena akan sangat berbahaya.

Like & Share