Share

Rumput Mutiara Tanaman Liar Yang Memiliki Banyak Manfaat

Manfaat Rumput MutiaraRumput mutiara merupakan salah satu tanaman yang berasal dari keluarga Rubiaceae. Rumput ini umumnya tumbuh subur di tanah yang lembap, seperti di pinggir sungai, halaman rumah, kebun kosong, atau selokan.

Bentuk daunnya kecil-kecil berkelompok mirip dengan bintang yang dihiasi bunga kecil berwarna putih, jika dilihat dari kejauhan mirip dengan mutiara karena hal itulah rumput ini dinamakan rumput mutiara. Secara rasa rumput mutiara sedikit pahit, lembut, dan netral.

Rumput mutiara dianggap sebagai rumput liar bahkan keberadaannya sering kali diabaikan. Namun, tanaman ini telah digunakan sebagai salah satu obat herbal di negara Cina dan India. Berikut ini manfaat rumput mutiara bagi kesehatan.

1. Dapat Mengatasi Kanker

Pada tahun 2009, beberapa mahasiswa dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta yang menyambet juara berkat karya ilmiah yang berjudul “Potensi Komepreventif Ekstrak Etanolik Rumput Mutiara” Dalam penelitian 3 mahasiswa ini mencari hubungan antara rumput mutiara dengan penyakit kanker.

Kandungan antioksidan dan antikanker seperti asam ursolat dan asam uleanolat. Riset di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak rumput mutiara dapat menghambat pertumbuhan kanker.

Baca Juga:
Kenali Manfaat Tanaman Herbal Patah Tulang, Bisa Mengobati Kutil 

Selain itu, rumput mutiara juga sering digunakan untuk mengobati infeksi dan mengatasi demam. Sayangnya, efektivitas manfaat dari rumput mutiara masih belum diteliti lebih lanjut.

2. Dapat Meningkatkan Daya Imunitas Tubuh

Sistem imunitas tubuh yang kuat berperan penting dalam melawan berbagai bakteri dan virus penyebab infeksi. Rumput mutiara diketahui memiliki manfaat untuk mendukung daya tahan tubuh agar tetap kuat. Selain itu, imunitas tubuh yang kuat dapat mendukung proses pemulihan ketika sakit flu.

3. Dapat Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes, penyakit kardiovaskular dan dapat membuat tubuh lebih cepat mengalami penuaan.

Kandungan senyawa bioaktif yang memiliki sifat antioksidan pada rumput mutiara menjadikan rumput ini baik dikonsumsi, untuk memperbaiki dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan radkal bebas.

4. Dapat Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Riset menunjukkan rumput mutiara memiliki sifat antioksidan yang kuat dan efek antiradang, hal ini menjadikan rumput mutiara baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan dan fungsi otak.

5. Dapat Memelihara Kesehatan Organ Hati

Riset menunjukkan bahwa rumput mutiara dapat mengurangi peradangan di hati dan mencegah kerusakan hati. Namun, untuk mendapat manfaat tersebut harus didukung dengan rajin berolahraga, menjauhi minuman beralkohol, rokok, narkoba, mendapatkan imunitas hepatitis A dan B, serta mempraktikkan hubungan seks aman.

Like & Share