Share

Jarang Diketahui Manfaat Daun Meniran Bagi Kesehatan Tubuh

Jarang Diketahui Manfaat Daun Meniran Bagi Kesehatan Tubuh

Meniran atau Phyllanthus niruri merupakan tanaman liar yang kerap ditemui di jalan atau alam bebas. Daun meniran memiliki bentuk daun bulat yang berukuran kecil, jika dilihat sekilas mirip daun putri malu.

Daun meniran salah satu tanaman liarr yang kaya akan antioksidan, antiradang dan antibakteri. Meniran dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit adalah meniran hijau.

Beberapa penelitian menyebutkan, doses meniran hijau bagi orang dewasa berkisar antara 900-2.700 mg perhari. Namun ada juga yang menyebut dosis rata-rata meniran hijau adalah 500 mg kapsul perhari (maksimal 4 kali sehari). Berikut manfaat meniran bagi kesehatan.

Baca Juga:
Manfaat Yang Ditawarkan Daun Kucai Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengatasi Gula Darah Tinggi

Kandungan antioksidan yang ditinggi dalam meniran dapat membantu melindungi liver dari kerusakan liver akibat paparan radikal bebas. Selain itu meniran juga dipercaya mampu membantu mengontrol kadar gula darah.

2. Antikanker

Sifat antikanker yang dimiliki meniran dalam pengobatan tradisional dipercaya dapat mencegah tumbuhnya tumor baru pada manusia. Namun, penelitian ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut lagi.

3. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dalam studi tahun 2013 yang meneliti efek dari empat spesies Phyllanthus pada virus herpes simplex dalam kultur sel, disebutkan bahwa daun meniran dapat memerangi infeksi tersebut.

Studi lain juga menunjukkan bahwa meniran dapat membantu mengobati infeksi lain seperti, hepatitis B dan HIV. Selain itu meniran juga dapat menjaga daya tahan tubuh serta mencegah datangnya infeksi.

4. Antidiabetes

Meniran baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena kandungan antidiabetes dalam meniran dapat membantu mencegah penyerapan glukosa, serta meningkatkan penyimpanan glukosa sehingga akan membantu tubuh menjaga kadar gula darah.

Like & Share