Share

Kamu Harus Tahu! Manfaat Kolang-Kaling Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat kolang-kaling

Mendengar kolang-kaling membuat kita membayangkan betapa segarnya buah satu ini.

Kolang-kaling kerap disajikan saat Ramadhan tiba, selain menyegarkan kolang-kaling juga bagus bagi kesehatan tubuh kita.

Buah kolang-kaling mengandung beragam nutrisi yang dibutuhakan oleh tubuh seperti karbohidrat, kalsium, fosfor, protein, lemak, serat, zat besi, kalori, air dan juga merupakan sumber vitamin seperti vitamin B dan K.

Baca Juga: Menyegarkan Buah Lontar Juga Memilki Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini manfaat kolang-kaling bagi kesehatan tubuh.

1. Melancarkan Pencernaan

Kolang-kaling mengandung serat pangan yang larut maupun tidak larut dalam air. Serat dapat membantu dalam melancarkan pencernaan karena mendorong pergerakan makan di dalam usus. Selain itu, serat yang terdapat dalam kolang-kaling dipercaya dapat menurunkan resiko terkena kanker kolorektal.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Kolang-kaling mengandung kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan memperkuat tulang. Tidak hanya tulang bagian tubuh lain juga memerlukan kalsiun untuk dapat berfungsi dengan baik seperti saraf, hati dan otot.

3. Memperkuat Gigi

Kolang-kaling mengandung fosfor yang baik untuk tubuh, kandungan inilah yang dapat memperkuat gigi dan tulang, menghasilkan RNA dan SNA, memperbaiki dan menjaga sel, serta jaringan tubuh. Bahkan fosfor juga dpat membantu tubuh dalam menjga keteraturan detak jantung dan fungsi saraf manusia.

4. Menjaga Tubuh dari Rasa Lelah

Kandungan zat besi pada kolang-kaling dapat memberikkan manfaat untuk tubuh seperti oksigen ke seluruh tubuh dan membawa karbon dioksida ke luar dari darah, serta untuk mengatasi rasa lelah dan anemia defisiensi zat besi.

Selain itu kolang-kaling juga mengandung gelatin yang cukup tinggi. Sehingga gelatin membuat perut lebih mudah kenyang dan meredakan nafsu makan. Gelatin juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tulang dan sendiri sehingga bermanfaat bagi penderita osteoarthritis.

Like & Share