Share

Bulan Puasa! Buah Blewah Yang Memiliki Banyak Manfaat

Blewah sering dikenal dengan Cantaloupe atau nama latin Cucumis melo var. cantalupensis L. Buah ini memiliki rasa manis dan memilki aroma yang khas, isinya berwarna orange dan teksturnya lembur dan sering di buat minuman terutama untuk berbuka puasa.

Buah blewah kaya akan kandungan gizi seperti, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, gula, kalium, natrium, magnesium, kalsium, selenium, folat dan juga merupakan sumber vitamin seperti, vitamin A, vitamin B3, vitamin C dan vitamin E.

Baca Juga: Kamu Harus Tahu! Manfaat Kolang-Kaling Bagi Kesehatan Tubuh 

Berikut ini 5 manfaat dari buah blewah yang baik dikonsumsi untuk buka puasa

1. Menurunkan Tekanan Darah

Buah blewah kaya akan antioksidan dan mineral kalium yang dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil.

2. Mencegah Dehidrasi

Kandungan air yang tinggi pada buah blewah sangat baik untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C pada buah blewah dapat mendukung produksi kolagen yang berpesan penting dalam pembentukan jaringan kulit. Zat ini juga dapat berperan dalam menjaga kulit tetap lentur dan kuat.

Selain itu, buah blewah mengandung antioksidan yang penting untuk mencegah penuaan dini dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Buah blewah merupakan salah satu sumber vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Beberapa studi sejauh ini juga menyebutkan bahwa asupan vitamin A dan antioksida yang tercukupi dapat mencegah terjadinya penyakit mata seperti, katarak dan degenerasi makula.

5. Mencegah Sembelit

Kandungan air dan serat pada buah blewah baik untuk melancarkan pencernaan. Buah ini baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.

Like & Share