Share

Apa Saja Manfaat Puasa di Bulan Ramadhan Bagi Kesehatan?

Apa Saja Manfaat Puasa di Bulan Ramadhan Bagi Kesehatan?

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan bagi umat islam dan memberikan kesempatan setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan ketakwaan dan berlomba-lomba mencari pahala.

Berpuasa mengajarkan umat islam untuk menahan nafsu dan untuk melakukan banyak kebaikan dibulan suci ini. Selama bulan puasa seluruh setan penghuni neraka dikunci agar tidak menganggu manusia.

Menjalankan puasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi umat islam. Tapi tahukah kamu jika ternyata ada banyak manfaat puasa ramadhan selain untuk ibadah?

1. Dapat Menurunkan Kolesterol

Saat menjalakan ibadah puasa tak sedikit orang yang berhasil menurunkan berat badannya. Selain itu kolesterol jahat pun juga bisa menurun drastis apabila berpuasa selama sebelum penuh. Hal ini bisa membuat jantung lebih sehat dan mengurangi risiko serangan jantung maupun stroke.

Baca Juga:
Apakah Boleh Mencicip Makanan Saat Berpuasa? Ini Penjelasannya 

2. Mengurangi Nafsu Makan Berlebih

Selama menjalani porsi makan akan semakin menurun dari biasanya. Hal ini menyebabkan daya tampung makanan pada perut menyusut secara bertahap, makan sedikit saja saja sudah membuat kamu kenyang. Sehingga membuat kamu tidak bisa makan berlebihan lagi.

3. Tubuh Dapat Meyerap Nutrisi lebih baik

Metabolisme tubuh akan lebih meningkat dan menyerap nutrisi yang baik saat berpuasa, karena puasa meningkatkan hormon adiponektin yang menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Ilmuwan Amerika Serikat dalam penelitiannya mengatakan bahwa puasa selama Ramdhan bisa meningkatkan faktor neurotropik pada otak. Hal ini membuat tubuh memproduksi lebih banyak sel yang dibutuhkan otak sehingga fungsi otak bisa meningkat.

Selain itu, jumlah kortisol yang diproduksi kelenjar adrenal akan berkurang dan bisa menurunkan stres.

5. Menyingkirkan Kebiasaan Buruk

Puasa mewajibkan kamu untuk menahan lapar dan dahaga, ternyata puasa juga bisa menyingkarkan kebiasaan buruk yang mungkin sering kamu lakukan. Saat puasa, tubuh akan menyesuaikan diri untuk mengurangi kecanduan dari asupan tersebut sampai akhirnya berhenti dengan sendiri.

Menurut National Health Service di Inggris merekomendasikan berpuasa untuk membuang kebiasaan merokok.

Like & Share