August 5, 2020

BACAKOLOGI

This Part in Sepositif

Mengenal Beragam Manfaat Sereh Bagi Kesehatan

Mengenal Beragam Manfaat Sereh Bagi Kesehatan
Mengenal Beragam Manfaat Sereh Bagi Kesehatan

Sereh merupakan jenis tanaman perdu tinggi dengan tangkai daun yang menanjang. Sereh mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti, vitamin B, magnesiium, kalium dan zat besi. Kandungan nutrisi pada sereh semakin membuat cita rasa makanan dan minuman menjadi lebih lezat. Sereh juga memiliki aroma segar mirip dengan lemon.

Sereh dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat sereh, kalian dapat mengonsumsi makanan atupun minuman yang mengandung sereh. Sereh bisa kalian jadikan minyak sereh sebagai aromaterapi yang menyenangkan.

Minyak sereh dapat digunakan sebagai aromaterpi untuk menyegarkan udara, mengurangi stres dan mengangkat suasana hati. Namun, ternyata sereh dapat jadikan sebagai pengobatan herbal. Berikut Beragam Manfaat Sereh Bagi Kesehatan.

1. Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Sereh memiliki kandungan mineral yang bernama kalium yang dapat meningkatkan produksi urin dalam tubuh karena merangsang sirkulasi darah hal tersebut dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah selain itu juga sereh dapat membantu membersihkan hati dan membatasi penyerapan kolsterol dari usus sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

2. Dapat mengatur Fungsi Otot

Dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung sereh dapat menjaga tulang tetap sehat. Kandungan magnesium dan kalium yang terdapat pada sereh memiliki manfaat dalam mengatur fungsi otot, jantung dan saraf.

Baca Juga: Manfaat Jahe Yang Jarang Diketahui Selain Menghangat Tubuh 

3. Dapat Mengatasi Kecemasan

Aroma minyak sereh dapat dijadikan aromaterapi untuk mengatasi kecemasan. Sereh juga memiliki efek menenangkan yang membantu tidur kalian nyenyak dan juga dapat membantu dalam meringankan insomnia akibat kecemasan.

4. Dapat Meringankan Gejala Sindrom Pramenstruasi

Mengonsumsi teh sereh dapat dipercaya mampu mengatasi kram mentruasi dan juga kembung saat kalian mengalami sindrom pramenstruasi atau premenstruation syndrome (pms).

5. Dapat Mangatasi Gigi Berlubang

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa zat antimikroba pada sereh efektif dalam melawan bakteri bahaya seperti, Streptococcus mutans yaitu bakteri yang enyebabakan kerusakan gigi. Mengonsumsi teh sereh dapat membantu mengatasi infeksi mulut dan mengatasi gigi berlubang.

6. Dapat melawan Radikal Bebas

Sebuah penelitian dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry mengungkapkan bahwa dalam sereh terkandung antioksidan yang berperan dalam melawan radikal bebas. Andioksidan yang terkandung pada sereh di diantaranya asam klorogenat, isoorientin dan swertiajaponin.

Baca Juga: Khasiat dan Manfaat Mengonsumsi Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

7. Dapat Mengatasi Peradangan

Dua senyawa yang terkandung didalam sereh yaitu citral dan geranial yang bertanggung jawab atas manfaat peradangan. Dengan sifat anti peradangan tersebut sereh dapat mecegah flue, sakit tenggorokan hingga masalah pencernaan yang diakibatakn oleh peradangan

Like & Share