Share

Manfaat Yang Ditawarkan Daun Kucai Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Yang Ditawarkan Daun Kucai Bagi Kesehatan Tubuh

Tamanan daun kucai adalah tanaman herbal yang termasyk keluarga bawang allium. Masyarakat lebih mengenal tanaman ini dengan sebutan daun kucai atau bawang kucai.

Daun kucai memiliki kandungan gizi diantaranya Protein, air, energi, lemak, karbohidrat, serat, fosfor, kalsium, natrium, kalium, zinc, niasin, beta karoten, kolin, vitamin A, vitamin K dan vitamin C.

Kucai merupakan makan yang padat nutrisi dan termasuk makanan rendah kalori tetapi kaya vitamin, mineral, dan atikosidan.

Berikut ini manfaat yang ditawarkan oleh daun kucai bagi kesehatan.

1. Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit merupakan bagian tubuh yang mudah terpapar oleh matahari, organ tubuh ini bisa dengan mudah rusak dan mengalami penuaan dini jika paparan matahari berlebihan dalam jangka panjang dapat meningkatkan resiko terkena kanker.

Kandungan vitamin A, C dan atioksidan dapat melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel tubuh, termasuk sel-sel kulit.

2. Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium dan atioksidan flavonoid pada daun kucai efektif dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Oleh karena itu tanaman ini baik dikonsumsi bagi penderita penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Baca Juga:
Manfaat Tersembunyi Lempuyang Yang Jarang Diketahui Bagi Kesehatan

3. Dapat Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan kolin dalam daun kucai dapat memberikan banyak manfaat. Sebuah penelitian terbitan The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2011 menguatkan keterangan bahwa kolin adalah salah satu nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mempertanaman ingatan.

4. Dapat Meningkatkan Penglihatan

Nutrients menerbitkan penelitian bahwa kucai memiliki khasiat untuk penglihatan karena daun kucai mengandung karoten lutein dan zeaxanthin.

Kandungan karoten dan zeaxanthin inilah yang diyakini dapat membantu mengurangi stres oksidatif dimata dan memperlambat pergerakan katarak.

5. Dapat Mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang terjadi ketika kepadatan tulang berkurang. Salah satu penyebab Osteoporosis adalah kurangnya asupan kalsium.

Kandungan kalsium dan vitamin K pada daun kucai baik untuk menjaga kepadatan tulang dan osteoporosis.

Like & Share