Share

Manfaat Tersembunyi Lempuyang Yang Jarang Diketahui Bagi Kesehatan

manfaat tersembunyi lempuyang bagi kesehatan tubuh

Lempuyang atau puyang merupakan salah satu jenis dari keluarga Zingiberaceae. Tanaman lempuyang memiliki jenis diantaranya lempuyang emprit atau pahit, yang terkenal di Indonesia lempuyang wangi dan lempuyang gajah karena kedua lempuyang ini sama-sama memiliki cita rasa pedas mirip mentol.

Lempuyang adalah tanaman rimpang yang terkenal akan kandugan minyak menguap seperti, zerumbone, humulene, dan camphene. Tanaman ini mengandung senyawa saponin, polifenol, dan flavonoid.

Secara umum emprit, wangi, gajah semuanya berkhasiat yang dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Namun, masih banyak masyarakat yang jarang mengetahui manfaat lempuyang yang tak kalah menjadi rempah-rempah tapi juga menyimpan banyak manfaat.

Berikut ini manfaat tersembunyi lempuyang bagi kesehatan tubuh.

1. Dapat Menyehatkan Saluran Pencernaan

Tanaman lempuyang dikenal dapat menyehatkan saluran pencernaan. Mengonsumsi tamanan ini dapat menambah nafsu makan, meringankan gejala disentri dan membantu mengeluarkan gas pada perut kembung.

Lempuyang dapat diminum untuk menghangatkan badan, tanaman ini dapat direbus seperti jahe.

2. Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan Zerumbon yang terpadat pada lempuyang memiliki potensi sebagai obat alternatif terutama pada kanker payudara. Berdasarkan penelitian dari ilmu farmakologi-Farmasi Klinik, ITB, ektrak etanol lempuyang wangi diketahui dapat mencegah kanker atau antikanker.

Baca Juga:
Seputar Tips Mudah dan Praktis Cara Menjaga Bahan Makanan Dirumah 

Hal ini sudah dibuktikan lewat uji sitotoksisitas, namun belum pernah diuji langsung pada manusia.

3. Dapat Mengobati Alergi

Berdasarkan penelitian disebuah laboratorium lempuyang gajah dapat digunakan sebagai pereda alergi. Lempuyang menjadi salah satu obat herbal untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan alergi, diantaranya rinitis alergi, dermatitis alergi, maupun alergi makanan secara spesifik.

Meski demikian, penelitian menyatakan klaim untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

4. Dapat Menurunkan Gula Darah

Penelitian sebelumnya melaporkan kandungan ekstrak etanol pada tanaman lempuyang gajah dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada tikus diabetes yang diinduksi streptozotosin.

Berdasarkan penelitian terbaru ekstrak etanol dari lempuyang emprit efektif membantu menurunkan gula darah pada tikus putih yang diinduksi aloksan.

Namun, penelitian diatas baru dilakukan pada hewan dan masih membutuhkan peneliti lanjutan untuk benar-benar membuktikan manfaat lempuyang bagi manusia untuk membantu menurunkan gula darah.

5. Dapat Melawan Infeksi

Hasil uji skrining dari ekstrak lempuyang wangi memiliki efek positif terhadap Bacillus subtilis yaitu bakteri yang menyebabkan penyakit meningitis, infeksi mata. endokarditis dan lain-lainnya.

Baca Juga:
Waspada! Penyakit Musim Hujan Yang Sering Menyerang Daya Tahan Tubuh 

Penelitian menemukan sifat antimikroba dari ekstrak lempuyang wangi untuk mengobati sejumlah penyakit infeksi.

Meski demikian, masih dibutuhkan banyak penelitian lajutan untuk mengonfirmasi maanfaat lempuyang satu ini.

6. Dapat Meredahkan Demam

Lempuyang dipercaya sebagai obat herbal untuk mengatasi panas pada anak karena, dipercaya lempuyang memiliki kandungan atikejang yang berpotensi mencegah agar anak tidak mengalami kejang saat demam.

Like & Share