Share

Manfaat Baik Mengonsumsi Cabe Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Baik Mengonsumsi Cabe Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Baik Mengonsumsi Cabe Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa yang menyukai makan pedas? berapa banyak cabe yang kalian makan setiap hari? Mungkin ada beberapa dari kalian bertanya, apakah cabe memiliki manfaat atau tidak?

Cabe adalah merupakan salah satu sayur-sayuran dan masih satu famili dengan paprika dan tomat. Dibalik penampilannya yang kecil dan rasa pedasnya ternyata cabe memiliki beragam manfaat untuk kesahatan. Ada beragam nutrisi dalam cabe seperti protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, kalium, air dan capsaicin. Walau memilik banyak manfaat tetapi jangan sampai mengonsumsi cabe berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan percernaan kalian.

Berikut manfaat cabe bagi kesehatan jika dikonsumsi secukup dan sewajarnya.

 

1. Mengatasi Hidung Tersumbat
Mengonsumsi makan yang mengandung cabe dapat melegakan hidung tersumbat. Namun jangan sampai berlebih karena bisa menyebabkan sakit perut dan diare.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan
Konsumsi cabe secukupnya dapat membantu eurunkan berat badan. Karena capsaicin dipercaya dapat mengurangi asupan kalori dan mampu membakar lemak dalam tubuh.

 

Baca Juga: 8 Manfaat Tempe Bagi Tubuh dan Cocok Untuk Kamu Yang Lagi Diet

 

3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Kandungan vitami B6, asam folat, potassium dan beta karoten yang terdapat dalam cabe dapat menghindari dari serangan jantung.

4. Mencegah Penyakit Kanker
Kandungan katotenoid pada cabai memiliki sifat antioksidan yang dapat melawan sel-sel penyebab kanker.

5. Mencegah Risiko Kanker Usus Besar.
Cartonoid lycopene, asam folat, beta karaton mampu mengurangi risiko kanker usus besar.

6. Meredakan Rasa Sakit
Kandungan capsaicin pada cabai mampu meredakan rasa sakit karena adanya sensasi rasa panas mampu membuat ujung saraf berhenti dan mengurangi sensasi rasa sakit. Rasa sakit yang mampu diredakan oleh cabe adalah herpez zoster, bursitis, neuropati diabetes, kejang otot dan penyakit rematik.

6. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Vitamin C yang terdapat pada cabe dapat membantu meningkiat imunitas tubuh dan vitamin C juga baik untuk kesehatan kulit.

7. Membantu Melancarkan Pernapasan
Cabe dapat membantu melebarkan saluran napas di paru-paru. Vitamin A pada cabe dapat megurangi radang patu-paru akibat merokok.

 

Baca Juga: Persedian Makanan Saat Musim Hujan. No.1 Wajib Ada?

Cabe memang memilik berbagai manfaat namun bila dikonsumsi secukupnya karena jika berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan dan diare. Bagi kalian bila merasa kepedasan setelah mengonsumsi makan yang pedas disarankan untuk minum susu dan roti untuk meredakan rasa pedas

Like & Share