August 5, 2020

BACAKOLOGI

This Part in Sepositif

Khasiat dan Manfaat Mengonsumsi Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Mengonsumsi Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

Kunyit atau Kunir adalah rempah yang juga memiliki beragam khasiat bagi kesehatan. Kunyit merupapkan rempah alami yang sangat populer dalam keliner indonesia. Pada umumnya, kunyit dijadikan pewarna kuni alami untuk makanan.

Tidak hanya menyedapkan makan kunyit juga dapat meredakan gangguan pencernaan. selain mengatasi masalah pencernaan, kunyit juga memeliki khasiat lainnya yang mungkin tidak terpikirkan oleh kalian. Ada banyak manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh.

Kunyit dapat diolah menjadi minuman atau teh. Mengonsumsi kunyit dapat bermanfaat untuk kesehatan, kunyit mengandung beragam zat dan vitamin yang baik bagi tubuh. Berikut Manfaat Dari Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh.

1. Membantu Meredakan peradangan

Zat aktif kurkumin dalam kunyit adalah antiosidan yang mengandung efek antiradang poten. Kurkumin ini di yakini bekerja memblokir kerja sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh, kurkumin juga bekerja mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin sementara meningkatkan produksi kortison alami kelenjar adrenal. Dalam satu sendok tejadi kunyit segar yang diparut atau versi bubuknya terdapat kurang lebih 200 miligram kurkumin.

Baca Juga: Kalian Harus Tahu! Wortel Memiliki Manfaat Dalam Meningkatkan Imun Tubuh

2. Mengobati Maag

Kunyit sudah dikenal sejak lama sebagai obat gangguan pencernaan alami. Ketika maag kambuh tidak salahnya menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan nyerinya. Penyakit maag ditimbulkan oleh luka di lambung akibat bakteri H. pylori. Dari jurnal Pharmacognosy Reviews mengobati peradangan akibat luka dan melindungi perut dari iritan-iritan yang meningkatkan produksi lendir di lambung. Kurikumin dalam kunyit juga bekerja mengendalikan produksi asam lambung dan empedu sehingga dapat membantu mengurangi frekuensi kekambuhan gejala Maag.

3. Mengurangi Mual

Sebuh studi dalam jurnal Food tahun 2017 membuktikan bahwa lada hitam membantu manfaat rempah kuning ini lebih maksimal, sebab kandungan kurkumin dalam kunyit lambat diserap kedalam aliran darah. Penelitian tersebut menunjukkan piperin dalam lada hitam meningkatkan penyerapan kurkumin samapi dua ribu persen lebih cepat kedalam tubuh. Piperin juga melambat pemecahan kurkumin oleh hati sehingga lebih bertahan lama dalam darah.

4. Mengatasi Perut Kembung

Buang gas (kentut) adalah tanda pencernaan kalian sedang tidak baik-baik saja jika berlebihan? Kurkumin dapat membantu otot dalam pencernaan agar tetap bergerak lancar seperti untuk mengrurangi tekanan gas dalam perut. Kunyit juga dapat membantu lambung menghentikan produksi asam berlebihan yang menyebabkan perut kembung.

5. Mengurangi Nyeri Haid

Kandungan kurkumin memiliki khasiat perada nyeri alami (analgesik) yang bekerja dengan melemasakan kontraksi rahim dpenyebab perut kram. Selain itu kurkumin juga dapat mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epital rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, hormon yang menciptakan rasa sakit dan peradangan.

6. Mengendalikan Gula Darah

Jika kalian mempunyai penyakit diabetes, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan pengobatan alami untuk mengendalikan gula darah tetap stabil salah satunya adalah kunyit. Dalam penelitian menunjukkan bahwa suplmen ektrak kunyit membantu meningkatkan fungsi insulin. menstabilkan kadar gla dan membuat gejala diabetes lebih mudah ditangan dan sebuah studi tinjauan terbebitan tahun 2013 menunjukkan kurkumin dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Baca Juga: 11 Manfaat Baik Mengonsumsi Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kurkumin kunyit berfungsi menekan respon peradangan pada sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak dan otot. Reaksi inilah yang membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah da koleterol serta gangguan metabolik lainnya akibat berat badan berlebih.

Like & Share