August 5, 2020

BACAKOLOGI

This Part in Sepositif

Kalian Harus Tahu! Wortel Memiliki Manfaat Dalam Meningkatkan Imun Tubuh

Kalian Harus Tahu! Wortel Memiliki Manfaat Meningkatkan Imun Tubuh KIta

Siapa yang suka dengan sayuran salah satunya wortel. Yah, wortel sangat populer karena mudah ditemukan di setiap penjuru dunia. Wortel termasuk dalam jenis umbi akar yang terbentuk pada bagian akar tanaman.

Daun wortel memiliki bentuk mirip seperti pakis aau peterseli yang berwarna hijau muda dan pada ujung pangkal daunnya dihiasi bunga berwarna putih jika dimakan terasa manis namun berbau khas yang kurang seda dimulut. Wortel memiliki nama latin yaitu Daucus corota L. Wortel memilik bentuk yang hampir sama dengan lobak. Hanya saja ukurannya biasa jauh lebih ramping dan terdapat garis-garis kecil di sisi-sisinya.

Wortel adalah makanan yang disukai kelinci memang memilik warna mulai dari ungu, kehitaman, putih, kuning, orange dan merah seperti buah bit. Namun wortel yang ditemui di Indonesia yang biasanya djual di pasaran berwarna kuning cerah atau orange.

Wortel merupakan makan yang kaya akan nutrisi dan penuh manfaat. Berikut manfaat ketika wortel di jadikan makanan, kalian bisa mengolahnya menjadi sup, ditumis, salad, campuran jus, dimakan mentah bahkan dibuat keripik.

 

1. Mencegah Kanker

Berdasarkan banyak studi, kndungan nutrisi wortel dapat melindungi kamu dari kanker. Karena wortel memiliki antioksidan di dalamnya. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan adanya potensi wortel untuk mencegan berbagai jenis kanker, seperti: Kanker paru, kanker dara (leukimia), kanker usus.

2. Menjaga Tekanan Darah dan Kesehatan Jantung

Wortel memiliki kandungan serat, kalium dan lengkap dengan antioksidan seperti lycopene. Karena kedua nutrisi ini dapat dipercaya dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Selain itu, wortel juga tidak mengandung kolesterol jahat yang baik untuk pembuluh darah. Bila tekanan darah kalian tetap terjaga, artinya kalian terhindar dari hipertensi dan penyakit jantung.

Baca Juga: Manfaat Baik Mengonsumsi Cabe Bagi Kesehatan Tubuh

3. Menjaga Kesehatan Mulut

Gigi berlubang merupakan keluhan yang paling umum dirasakan oleh banyak orang. Karena gigi dipenuhi plak sehingga mudah rapuh. Selain menggosok gigi, makan sayuran tertentu juga dapat melindungi gigi. Mengunyah wortel, seledri dan sayuran berserah dan kuat lainnya ternyata dapat merangsang otot gusi jadi lebih kuat. Wortel juga mengandung beta karaton yang diperlukan untuk membangun gigi yang kuat.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Wortel dikenal dengan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk mata. Manfaat wortel ini dapat membantu mencegah gangguan pada mata seperti glaukoma, katarak dan kelainan refraksi (miopi, antigmatisme dan hipermetropi).

5. Menjaga Kesehatan Otak

Semaki bertambah tua, kemampuan dan fungsi otak mulai mengalami penurunan itulah sebbanya banyak orang dewasa yang mudah sekali lupa dan lambat dan mempelajari hal baru. Penyakit ini disebabkan oleh stres oksidatif yang menyebabkan sel otak dan saraf tidak dapat beregenerasi dengan baik. Wortel mengandung beta karoten yang dipercaya dapat menurunkan stres oksidatif.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Antipenuan

Radikal bebas dapat menyebabkan peradangan dan menciptakan kerutan dan bintink hitam di wajah. Selain menggunakan produk pelindung kulit dari papar sinar UV, kalian bisa memperlambat penuaa dikulit dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Makanan yang mengandung antioksidan, seperti karotenoid dan polifenol pada wortel. Wortel dapat diolah berbaai menu bisa membuat kulit kalian tetap muda. Selain menjaga kesehatan kulit, wortel juga memiliki manfaat yang baik untuk orang dengan penyakit kulit.

7. Meningkatkan Sistem Imun

Lemahnya sistem imun dapat membuat kalian rentan terkena berbagai infeksi seperti, flu dan filek. Flu dan filek memang bukan penyakit yang berbahaya tetapi dapat menganggu aktivitas kalian. Wortel bukan hanya dikenal dengan vitamin A saja, tapi wortel juga memiliki vitamin C. Jika kalian termasuk orang yang mudah tertular flu atau filek sebaiknya perbanyak makan wortel untuk mendukung sistem imun jadi lebih kuat.

Baca Juga: Dibalik Bentuk Unik Buah Naga Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

8. Meningkatkan Sistem Metabolisme

Jika kamu sedang melakukan diet, kalian bisa memilih jus wortel sebagai salah satu menu diet kalian karena jus wortel dapat membantu kalian dalam menurunkan berat badan. Jus wortel terasa manis dan rendah kalori. Jus wortel diketahui dapat meningkatkan sekresi empedu yang artinya metabolisme aka meningkat karena tubuh harus mengubah makanan menjadi energi. Minum jus wortel bisa mengisi perut kosong dan juga dapat memberikan energi meski tidak dimakan.

Like & Share