Share

Jarang Diketahui 8 Manfaat Buah Semangka

Jarang Diketahui 8 Manfaat Buah Semangka

Buah semangka berwarna merah tampak menggoda saat panas terik. Buah yang kaya kandungan air ini dapat membantu melepas dahaga. Tak hanya itu, terdapat sejumlah manfaat semangka merah lainnya yang baik untuk kesehatan dan mencegah penyakit. Manfaat semangka ini terkandung di balik warnanya yang merah segar.

Ada banyak cara untuk menikmati segarnya buah semangka. Buah semangka menjadi makanan pencuci mulut dengan konsumsi langsung, jus atau dapat juga dijadikan camilan bagi keluarga.

Satu cangkir semangka hanya mengandung 46 kalori, tetapi kandungannya tinggi vitamin C, vitamin A dan banyak senyawa tanaman yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh.

Berikut 8 manfaat semangka merah:

1. Mencegah dehidrasi

Semangka merupakan buah dengan kandungan air yang tinggi yakni mencapai 92 persen. Kandungan air dalam semangka membantu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dan mencegah dehidrasi. kandungan air yang tinggi adalah salah satu alasan mengapa buah dan sayuran membantu seseorang merasa kenyang.

Dengan kombinasi air dan serat pada semangka, buah segar ini membuat Moms seolah-seolah mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak tanpa banyak kalori. Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menimbulkan sejumlah gejala dan menyebabkan kerusakan organ.

2. Mencegah kanker

Salah satu manfaat semangka merah adalah mencegah kanker. Semangka mengandung senyawa likopen dan cucurbitacin E. Dua senyawa ini memiliki efek antikanker. Para peneliti telah mempelajari likopen dan senyawa tanaman individu lainnya dalam semangka untuk efek anti kankernya.

Meskipun asupan likopen dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa jenis kanker, berbagai penelitian ternyata menunjukan hasil beragam. Hubungan terkuat sejauh ini tampaknya antara likopen dan kanker sistem pencernaan.

Likopen dalam semangka tampaknya mengurangi risiko kanker dengan menurunkan faktor pertumbuhan mirip insulin atau insulin-like growth factor (IGF), protein yang terlibat dalam pembelahan sel.

Sebaliknya, tingkat IGF yang tinggi dikaitkan dengan kanker, sehingga sangat baik ketika tingkat IGF bisa ditekan oleh buah semangka. Selain itu, senyama cucurbitacin E juga telah diteliti, ternyata senyawa ini memiliki kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan tumor.

3. Mencegah penyakit jantung

Kandungan likopen dalam semangka juga membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Kedua kondisi ini adalah faktor risiko yang menyebabkan penyakit jantung. Saat kolesterol dan tekanan darah terjaga, risiko penyakit jantung pun berkurang.

Semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kadar nitrat oksida dalam tubuh. Nitrat oksida membantu pembuluh darah seseorang berkembang, sehingga menurunkan tekanan darah. Vitamin dan mineral lain dalam semangka juga baik untuk jantung Moms dan keluarga, misalnya vitamin A, B6, C, magnesium dan kalium.

4. Mencegah peradangan

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah menurunkan peradangan dan stres oksidatif. Peradangan adalah pendorong utama banyak penyakit kronis. Semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan stres oksidatif.

Kombinasi kandungan antioksidan, likopen, dan vitamin C dalam semangka dapat mencegah peradangan dan kerusakan oksidatif. Studi menunjukkan konsumsi semangka mengurangi peradangan secara signifikan.

5. Mencegah penyakit mata

Senyawa likopen juga dapat mencegah penyakit mata terutama degenerasi makular terkait usia. Sejumlah studi menunjukkan likopen dapat menghambat degenerasi makular mata. Senyawa ini juga mengurangi inflamasi pada mata.

6. Mencegah nyeri otot

Asam amino citrulline dalam semangka dapat meningkatkan kinerja otot dan mengurangi nyeri otot. Senyawa ini membantu melebarkan pembuluh darah sehingga jantung dapat bekerja maksimal menyebarkan darah ke seluruh tubuh termasuk otot.

7. Mencegah sembelit

Semangka juga mengandung serat yang membantu melancarkan pencernaan. Konsumsi semangka dikaitkan dengan kesehatan pencernaan yang lebih baik dan mengurangi sembelit serta konstipasi.

8. Mencegah Asma

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah mencegah asma. Likopen ternyata memang sangat berkhasiat karena salah satunya menjadi antioksidan utama yang membantu reaksi tubuh terhadap flu. Hal yang lebih menarik adalah antioksidan ini juga dianggap dapat mengurangi serangan asma pada anak-anak.

Like & Share