Share

Hati-Hati! Modus Penipuan Terbaru ‘Add Yours’ di Instagram

Hati-Hati! Modus Penipuan Terbaru 'Add Yours' di Instagram

Dunia Maya adalah tempat untuk mengekpresikan apa saja yang ikut kita bagikan dilaman akun pribadi kita. Namun, akhir-akhir ini ada sebuah trending yang marak disetiap story instagram yang berbagi tentang berbagai hal.

Tak ada salahnya mengikuti tren-tren yang sedang terjadi didunia maya, karena hal ini terkadang membuat kita lalai dan tanpa sadar menyebarkan sendiri informasi pribadi/privasi yang bisa merugikan diri sendiri.

Ketika kamu membagikan Add Yours yakin data yang kamu bagikan tidak ada yang menyalahgunakan? yakin close friend kamu bisa dipercaya?

Dilansir dari akun resmi Kemenkominfo pada tanggal 23 November 2021. Kenali modus-modus Kejahatan Pencurian Data Pribadi (Sosial Engineering).

1. Memanipulasi kamu dengan teknik manipulasi psikologi agar individu atau grup mau mengikuti dan melakukan sesuatu atau menyerahkan informasi tertentu secara sukarela
2. Menelpon dan mengaku sebagai customer service/staf dari instansi bidang keuangan perusahaan
3. Meminta data pribadi
4. SIM Swap Fraud (Menukar SIM Card pelaku dengan nomer target)
5. Mengirim link tautan melalui aplikasi pesan atau email yang mengarahkan ke website phising ataupun aplikasi untuk penyalahgunaan data pribadi.

Bagaimana cara menghindarinya?

1. Jangan mudah tergiur dengan hal-hal yang sedang tren, pikirkan baik-baik sebelum kamu mengikuti tren karena bisa saja data pribadimu disalahgunakan.
2. Jangan sebar atau memberikan data pribadimu kepada siapapun yang mengaku dari pihak tertentu
3. Bila kamu di telpon oleh seseorang yang mencurigakan, segera tutup dan blokir nomer tersebut.
4. Simpan data pribadimu dengan baik

Like & Share