August 5, 2020

BACAKOLOGI

This Part in Sepositif

Berbagai Manfaat Lengkuas Dari Obat Diare dan Menghilangkan Ketombe

Berbagai Manfaat Lengkuas Dari Obat Diare dan Menghilangkan Ketombe
Berbagai Manfaat Lengkuas Dari Obat Diare dan Menghilangkan Ketombe

Lengkuas, Laos atau kelawas merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang hidup diaerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Pada umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional.

Kalian harus tahu, selain sebagai bumbu masakan ternyata lengkuas memiliki berbagai manfaat salah satunya dapat menyembuhkan diare dan menghilangkan ketombe.

Yuk Simak selengkapnya…

1. Obat Diare

Sebuh studi oleh Sunilson, JAJ pada tahun 2009 lengkuas dapat membasmi bakteri yang terbawa kedalam tubuh seperti, bateri fructose dan lactose. Kelebihan vitamin C dapat menyebabkan diare. Sifat antimikroba pada lengkuas dapat meredakan serangan diare.

2. Mencegah Tumor dan Kanker

Sebuah penelitian Inggris menemukan bahwa ekstrak lengkuas memiliki anti kanker. penelelitian ini telah iuji coba oleh beberapa pasien yang menderita kanker paru-paru dan kanker payudara. Lengkuas mengandung zat antiksidan untuk memperbaiki sel-sel DNA tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas dan racun lainnya yang mengendap didalam tubuh. Manfaat lengkuas lainnya dapat mengahmbat jalur xanthin enzim sistesis yang memicu perkembangan tumor.

3. Meringankan Asma

Pada ramuan obat herbal di China lengkuas digunakan sebagai obat antispasmodik yang bermanfaat mengurangi dahak (kapha) dan melebarkan saluran bronkiolus untuk meredakan asma.

Baca Juga: Mengenal Beragam Manfaat Sereh Bagi Kesehatan 

4. Mengobat Luka Bakar

Lengkuas dapat membantu kalian dalam meredakan sakit perih pada kulit yang menderi luka bakar.

5. Membantu Meredakan Masalah Ketombe dan Kulit Kepala

Siapa sangka bila Lengkuas memiliki anti jamur yang berguna menyerang jamur di bagian kulit tubuh termasuk kulit kepada. Jamur inilah yang menginfeksi kulit kepala yang mengakibatkan ketombe.

6. Meredakan Batuk, Sakit Tenggorokan dan Suara Serak

Di India, masyarkat yang menggunakan campuran lengkuas dengan air panas untuk meredakan serak dan juga rasa sakit tengorokan. Hal ini diebabkan karena lengkuas memiliki sifat zat ekspektoran dan berguna dalam banyak masalah pernafasan tubuh.

Like & Share