Share

Ada Yang Sudah Tahu Belum bedanya Ketoptrak, Pecel dan Gado-Gado

Ketoprak, pecel dan gado-gado adalah makan yang sering kita jumpai di pedagang kaki lima. Selain mudah di dapatkan, harga untu ketiga makanan ini juga cukup murah.

Makan ketoprak, pecel dan gado-gado sekilas mirip sama-sama memakai sayuran dan kuah kacang. Eh! tapi jangan salah ya ternyata ketoprak, pecel dan gado-gado tentu saja dari ketiga makanan tersebut memiliki perbedaan ya.

Berikut ini perbedan ketoprak, pecel dan gado-gado.

1. Ketoprak

Ada Yang Sudah Tahu Belum bedanya Ketoptrak, Pecal dan Gado-Gado

Ketoprak adalah makanan khas Betawi. Bahan utama ketoptrak bihun rebus, taoge, ketupat dan tahu, setelah semua bahan utama disatukan di dalam satu wadah kemudian diatasnya disiram saus kacang. Saus kacang ketoprak memakai bawang putih sehingga rasa bawang putihnya lebih cukup dominan. Selain itu, ketoprak juga disajikan dengan telur, bawang goreng dan kerupuk.

2. Pecel

Ada Yang Sudah Tahu Belum bedanya Ketoptrak, Pecal dan Gado-Gado

 

Pecel adalah makanan yang berasal dari Madiun, Jawa Timur. Bahan yang biasa digunakan biasanya sayuran seperti kangkung, kacang panjang, toge dan kol. Saus kacang pada pecel dihaluskan bersama daun jeruk sehingga aroma daun jeruknya lebih tercium wangi di hidung. Selain itu, pecel dimakan bersama nasi dan rempeyek kacang yang membuat rasa pecel lebih nikmat.

3. Gado-gado

Ada Yang Sudah Tahu Belum bedanya Ketoptrak, Pecal dan Gado-Gado

Gado-gado bahan utamanya menggunakan sayur yang sudah direbus terlebih dahulu seperti selada, kentang, mentimun, kacang panjang dan wortel. Saus kacang gado-gado sedikit lebih manis dari saus kacang ketoprak. Selain itu, gado-gado disajikan dengan tambahan lontong, telur rebus, kerupuk dan emping.

Like & Share