BACAKOLOGI

This Part in Sepositif

Ada Beberapa Adab Yang Harus Diketahui, Apa Saja?

Adab adalah norma atau aturan yang mengenai sopan santun yang didasari setiap agama.

Setiap manusia harus memiliki akhlak dan adab, dan coba kita koreksi diri kita masing-masing tentang sikap, tingkah, tindakan kita apakah sudah baik atau masih perlu di perbaiki.

Disini kami akan membahas beberapa adap yang perlu kita ketahui, kita pahami dan kita pelajari sebagai berikut:

1.Adab Makan

Adab Makan

Makan merupakan kegiatan memasukkan makanan atau minum kedalam mulit untuk memberi nutrisi, tenaga dan energi bagi makhluk hidup.

Berikut ini adalah Adab Makan yang perlu kita ketahui: mulailah makan dengan membaca Bismillah, makan-makanan yang halal, habiskan makanan, Saat sedang makan jangan bersandar, tidak boleh mencela makanan, tidak meniup makanan saat sedang panas, habiskan makanan jangan sampai tersisa, menjilati jari saat selesai makan, setelah selesai jangan lupa mengucapkan Alhamdulillah.

Baca Juga: Makanan Terbaik Dikala Hujan Datang, Bikin Ketagihan!

2. Adab Tidur

Adab Tidur

Tidur adalah keadaan dimana kita beristihat dari berbagai kegiatan.

Berikut ini adalah adab tidur yang perlu kalian ketahui: langkah pertama mulailah mengambil wudhu, mencuci tangan tangan dan kaki,
bersihkan tempat tidur, diawali miring kekanan, tidak tengkurap, baca ayat Kursi, Dzikir (Subhanallah 33x, Alhamdulillah 33x, allahu akbar 33x),
Hadapkan telapak tangan ke muka, baca Surah (Al-Ikhlas 3x, Al-Falaq 3x, dan An-Nas 3x), usap tubuh yang bisa dijangkau, dan jangan lupa untuk membaca doa tidur.

3. Adab Di Kamar Mandi

Adab Di Kamar Mandi

Berikut ini adalah adab di kamar mandi yang perlu kalian ketahui: mulailah membaca doa masuk kamar mandi,
masuk dengan kaki kiri, bersihkan kemaluan dengan tangan kiri, cuci tangan setelah buang hajat (BAB/BAK), keluar dengan kaki kanan, dan jangan lupa untuk membca doa keluar kamar mandi.

4. Adap Bertamu

Bertamu adalah berkunjung kerumah sanak saudara, kerabat, keluarga, sahabat, teman dan guru untuk silahtuhrahmi, kangen, mengajak berbisnis, dan lain-lain. namun, saat bertamu kita perlu mengetahui bagaimana cara bertamu yang baik dan tidak baik.

Berikut ini adalah adab bertamu: jangan mengintip tetapi ketuk pintu rumahnya dengan pelan, tidak menghadap pintu saat mengetuk,
ucapkan salam tidak lebih dari 3x, setelah tidak 3x salam tidak ada jawab hendaknya pulang,
berjabat tangan jika bertamu, jika ditanya “siapa?” maka jawablah nama dengan jelas jangan hanya menjawab “aku”

5. Adab di Masjid

Adap Didalam Masjid

Masjid adalah tempat ibadah bagi agama Islam.

Berikut ini adalah adab di masjid: berdoa saat masuk dan keluar masjid, berpakaian bagus, sholat Tahiyyatul masjid, tidak ribut,
tidak melewati orang yang sedang sholat, tidak bau mulut dan bau badan, masuk masjid kaki kanan, keluaran masjid kaki kiri.

6. Adab Berteman

Adab Berteman

Sahabat adalah seseorang yang selalu ada kapan pun dan dimanapun dan sudah menjadi keluarga bagi kita.

Berikut ini adalah adab berteman: saling berbagi, menjauhi Ghibah, berwajah ceria, saling memaafkan, tidak boleh sombong, tidak bisik-bisik saat bertiga, tidak mengejek, tidak mengacungkan benda tajam.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry