Share

Rekomendasi 8 Software Ini Dapat Membantu Kamu Dalam Menulis

Sebagai penulis, baik content writer, scriptwriter atau sebagainya. Tentu kamu butuh sebuah media untuk digunakan dalam menuangkan ide pemikiranmu yang terkadang datang dimanapun.

Kamu biasanya hanya menggunakan sebuah program pengolahan kata bernama microsoft word untu menulis naskah bukan? Nah, kamu harus tahu ternyata selain aplikasi microsoft word ada banyak beragam aplikasi yang dapat menunjang dan memudahkan kamu dalam menulis.

Berikut ini rekomendasi aplikasi yang bisa dijadikan sebagai alternatif microsoft word yang dapat membantu kamu menulis.

1. Adobe InDesign

Bagi kamu seoran penulis, kamu dapat menggunakan software ini karena sangat efektif untuk pengaturan naskah dan layouting. Perangkat lunak keluaran Adobe System ini memiliki keutamaan untuk menulis buku. Penulis yang menggunaknya bisa mendesain naskahnya secara langsung dan menarik menjadi simulasi sebuah buku.

Tidak hanya menjadi menulis buku, dengan program ini penulis bisa merangkap menjadi editor dan layouter untuk karya sendiri. Selain itu, program tersebut juga sudah banyak dipakai di dunia penerbitan.

2. Google Docs

Kembaran Microsoft Word tentu kamu sudah tahu aplikasi ini. jika kamu seorang blogger, kamu perlu tempat untuk menyimpan karya anda yang mudah diakses olehmu dan editor. Google Documents memungkinkanmu untuk berkolaborasai dengan orang lain dengan mulis serta otomatis mengoresksi dan memberikan saran jika ada penulisan kata-kata salah yang kamu tulis.

Google Docs pun menyimpan pekerjaan sehingga kamu tidak perlu melakukannya secara manual. Mudah digunakan, mudah dilihat, dan memungkinkan kamu mengirim pekerjaan dengan cepat.

Google Documents adallah alat online dan juga tersedia sebagai aplikasi untuk perangkat Android dan iOS.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Platform Bagi Penulis dan Dapat Menghasilkan Uang

3. Grammarly

Bagi kamu seorang content writer kamu juga dituntut untuk menulis dalam bahasa Inggris. Jika kamu tidak begitu percaya diri dengan kemampuan bahasa inggris yang kamu miliki, bisa menjadi pertimbangan untuk menggunakan aplikasi untuk penulis yang satu ini. Aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk melatih keterampilan menulis dalam bahasa Inggris kamu karena dapat memberikan saran terhadap penggunaan kata, atau kalimat dalam bahasa Inggris.

Grammarly dapat kamu gunakan lansgung untuk memeriksa tata bahasa penulisan bahasa Inggris serta dapat sevara langsugn untuk melaukan pengeditan hingga proofreading sekaligus.

4. yWriter

Sama halnya dengan Ms. Word, Software ini memberi kegunaan dalam mengolah kata. Pada yWriter, terdapat beberapa fitur misalnya, pengaturan penggunakan project, penambahan bab project, dan adanya fitur pengulangan nomer bab secara otomatis.

5. Scrivener

Aplikasi menulis satu ini cocok untuk kamu yang harus menulis konten dalam format yang lebih panjang, serta dapat mengeolal ide dan proyek penulisan dengan lebih efisien.

Aplikasi untuk penulis ini bahkan memungkinkan penulis untuk memberi highlight pada bab dan kalimat serta dapat mengubah tulisan menjadi dormat e-book.

Baca Juga: 9 Kesalahan Fatal Penulisan Cerpen Dalam Mengikuti Perlombaan

6. Atlantis

Software ini juga merupakan software pengolahan kata. Kelebihannya penullis dapat membuka file-file pada tab dalam jendela yang sama dan dapat mengubah format file yang panjang, misalnya naskah buku, baik fiksi maupun nonfiksi. Hasil pengaturan file bisa disimpan dengan format doc atau rt sehigga tetap bisa dibuka dengan Ms. Word

7. Keynote

Software yang satu ini dapat dijadikan sebagai aplikasi untuk menulis buuku yang mudah dan efektif. selain dapat membuka banyak folder dan file dalam satu jendela, program ini bisa juga menyimpan puluhan bahkan ribuan file didalam satu tempat.

8. Dramatica Pro

Dengan menggunakan aplikasi ini, penulis buku bisa memilih lebih dari sepuluh struktur cerita untuk membuat ranvangan cerita. Penulisan anya perlu menjawab pertanyaan yang diajukkan oleh aplikasi Dramarica Pro.

Like & Share