BACAKOLOGI

This Part in Sepositif

7 Manfaat Daun Kelor Dan Cara Penggunaannya

daun kelor

 

Mungkin selama ini banyak masyarakat yang menganggap bahwa daun kelor identik dengan mistik. Itu memang benar, sebab daun kelor biasanya digunakan sebagai metode untuk mengusir makhluk tak kasat mata. Namun, tahukah anda bahwa banyak manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh?
Daun kelor memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Kandungan asam amino esensial yang terdapat di dalamnya juga bisa membantu perkembangan bayi dalam kandungan.
Berikut adalah manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh.

1. Mengobati Kanker

mengobati kanker
Manfaat daun kelor bagi kesehatan yang pertama adalah mengobati kanker. Kanker yang bisa diobati dengan daun kelor adalah kanker payudara, kanker paru, hingga kanker kulit. Antioksidan, protein, karotenoid, potassium, dan senyawa lainnya yang bisa menangkal radikal bebas serta pertumbuhan sel kanker.

2. Antioksidan

antioksidan

 

Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi melawan radikal bebas dalam tubuh anda. tingginya tingkat radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidasif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Beberapa senyawa tumbuhan antioksidan telah ditemukan di daun kelor.

3. Gizi Untuk Ibu Menyusui

gizi untuk ibu menyusui

 

Ibu menyusui membutuhkan gizi yang cukup agar kesehatan bayi tetap terjaga. Mengkonsumsi daun kelor sangat disarankan untuk iibu menyusui yang memerlukan asupan zat besi yang cukup. Namun, perlu diingat bahwa daun kelor tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

4. Mengobati Cacingan

mengobati cacingan

 

Daun kelor memiliki manfaat lain bagi kesehatan yaitu untuk mengobati cacingan. Daun kelor berguna untuk mengurangi infeksi cacing, terutama cacing kremi dan cacing pita.

5. Menjaga Fungsi Otak

menjaga fungsi otak

 

Daun kelor memiliki manfaat yang besar untuk menjaga fungsi otak agar pikiran tetap stabil. Daun kelor memiliki fungsi sebagai neurotransmitter dan sebagai senyawa tiroid untuk menjaga kestabilan psikis. mengonsumsi  daun kelor secara teratur akan memperkecil kemungkinan depresi.

6. Menyehatkan Mata

menyehatkan mata

 

Mungkin terdengar meragukan. Tapi daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak. Disebutkan dalam 100g daun kelor tedapat 3390 Sl vitamin A. Tentu jumlah tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan wortel.

7. Menyehatkan Pencernaan

menyehatkan pencernaan

 

Manfaat daun kelor bagi kesehatan pencernaan memiliki kaitan dengan fungsi daun kelor sebagai anti-inflamasi. Jika mengonsumsi daun kelor secara rutin, pencernaan akan semakin membaik.

Baca Juga: 8 Manfaat Tempe Bagi Tubuh Kita dan Cocok Untuk Kamu Yang Lagi Diet

Cara Penggunaan Daun Kelor

cara penggunaan daun kelor

 

Untuk mendapatkan manfaat daun kelor, maka harus benar cara mengonsumsinya. Untungnya daun kelor bisa dimakan segar, dimasak atau kering. Cara makan daun kelor, yakni seperti sayuran lainnya anda bisa makan daun kelor dalam segala macam cara; Daun kelor bisa diamakan di salades, ditambahkan ke nasi atau pasta atau hidangan lainnya seperti jus daun kelor. Saat memasak daun kelor jangan dimasak terlalu lama karena dapat menghancurkan beberapa vitamin dan semua enzim yang terkandung di dalam daun kelor.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry