Share

6 Tanda Kamu Sudah Kehilangan Jati Diri Saat Pacaran

6 Tanda Kamu Sudah Kehilangan Jati Diri Saat Pacaran

Jati diri adalah suatu hal yang ada didalam diri kita, dengan meliputi karakter, sifat, watak dan kepribadian.

Dalam sebuah hubungan ada dua sosok yang saling percaya satu sama lain, karena sebuah hubungan tidak akan baik-baik saja bila kalian saling curiga.

Apakah pasangan kamu mempercayai, atau yang kamu ingat betapa seringnya dia melarangmu dan mempengaruhi pilihanmu?

Sebenarnya kamu tidak pernah menganggap hal itu sebuah beban atau hal yang kurang menyenangkan. Tapi, apakah cinta harus fokus pada pasanganm saja? Dia menuntutmu sebagai pasangan yang baik untuknya bukan untukmu.

Mencintai diri sendiri, memang kamu cinta mencintai dirimu? bahkan kamu baru saja merasa tidak kenal pribadimu sendiri. Semua yang kamu lakukan tidak jauh dari keinginan pasanganmu saja.

Kamu merasa hubunganmu baik-baik saja selama ini? kamu mungkin tidak bisa menilai secara langsung tapi kami bisa menernungkan beberapa hal ini yang sudah menunjukkan kamu kehilangan jati diri saat pacaran.

1. Kamu Mulai Mengabaikan Pencapaian dan Mimpimu

Kamu ingat-ingat sebelum dekat dengannya. Kamu ada seorang yang bekerja keras, kamu selalu ingin bekerja sesuai dengan rencanamu dan kamu juga diam-diam menyusun rencana untuk hidupmu.

Kini rencana yang kamu buat berantakan entah kemana. Kamu hanya fokus dengan keinginan dan rencana-rencana untuk hubungan kalian saja. Perlahan kepentinganmu bergeser menjadi pencapai dan mimpi untuk dia dan hubungan. Lalu pencapaian untuk dirimu sudah hilang bahkan kamu lupa dengan wujudnya.

Hubungan yang sehat seharusnya berkembang dari pencapaian dia dan dirimu, bukan berat sebelah seperti sekarang.

2. Rasa Khawatirmu Hanya Tertuju Untuk Dia dan Hubungan

Rasa khawatirmu hanya tertuju untuk dia dan hubungan sedangkan kehidupan dirimu sendiri terlupakan. Kamu takut kehilang dia dan jangan sampai hubungan kalian jadi berantakan.

Kamu hanya fokus tentang dia, bahkan kamu hubungan dengan teman yang semakin merenggang pun tidak lagi jadi kegelisahaanmu. Sebab kekhwatiran ini juga membuatmu jadi lebih mementingkan keinginan serta pemikirannya saja.

3. Kamu Sering Menuruti Semua Keinginan Dia dan Keinginan Kamu Terabaikan

Semua itu soal maunya dia. Dai maunya kamu yang mengalah dalam urusan pekerjaan atau kamu harus mencari pekerjaan yang mapan, sedangkan dia terus kukuh bekerja sesuai keinginan dan rencananya saja.

Mungkin awalnya terasa berat tapi lama-lama dirimu sendiri mengikuti keinginan dia. Seiringnya waktu kamu mengikuti cara dia menjalani semuanya mulai dari karir, hubungan sampai hal remeh seperti menentukan kalian nanti kalau akhir pekan kemana.

Sebelumnya kamu ingin liburan cukup pergi mencari buku atau makan berssama tapi, nyatanya sangat diakhir pekan kamu dan dia pergi ketempat yang sesuai keinginannya.

Kelihatannya sepele padahal ini tanda keinginan serta jalan pemikiranmu mulai terabaikan oleh dirimu sendiri.

Baca Juga: 8 Tips Menjadi Pacar Yang Baik Untuk Pasanganmu

4. Kamu Jadi Semakin Sering DiKontrol dan Harus Tampil Sempurna Demi Pasangan

Kamu dikontrol atau diatur-atur dalam segala hal, membuatmu tidak mudah menentukan keputusan sendiri sesuai kepribadianmu.

Tidak sampai disana saja dia juga mengharuskanmu tampil sempurna dimata, kamu harus belajar ersikap dan berpenampilan seperti standar yang dia buat.

Padahal sebelumnya kamu adalah sosok yang fleksibel, kamu selalu punya pilihan penampilan yang berbada dari temanmu. Kamu tidak memikirkan penilai orang tentang dirimu, selama kamu nyaman kenapa harus diubah sampai berbeda.

Bukankah mencintai seharusnya membuat dia menghargai hak-hakmu sebagai individu untuk berekpresi?

5. Urusan Pasangan Selalu didahulukan Dari Kepentingamu Sendiri

Jangankan kepentingan teman, kepentingan dirimu sendiri saja kadang tidak kamu dahulukan saat berbenturan dengan keinginanya.

Kamu lebih fkus kesemua urusan pasanganmu, padahal kepentingan itu bukan untuk hubungan kalian tetapi tetap saja semuanya harus dia yang didahulukan.

Sangking tidak sadarnya, kamu sudah berkali0kali mengesampingkan urusan yang lain atau urusan yang lebih penting.

Harusnya kepentinganmu perlu diutamakan, bukankah pasangan harus saling mendukung satu sama lain.

6. Tanpa Sadar Kamu Merasa Ada Yang Kurang Dari Dirimu

Tanpa dasar jati dirimu sudah hilang, pelan tapi pasti pertanyaan seperti mencari-cari lagi apa definisi hubungan langgeng.

Apa gunanya langgeng kalau kamu berubah menjadi orang yang tidak dikenali oleh dirmu sendiri?

Kamu seperti bayangan yang tinggal dengan sangat nyaman di diri pasanganmu.
apa yang ingin kamu lakukan selalu berkaca padanya. Sedari sekarang kamu dan dia tak semestinya bertahan.

Like & Share