Share

Rekomendasi 5 Platform Bagi Penulis dan Dapat Menghasilkan Uang

Rekomendasi 5 Platform Bagi Penulis dan Dapat Menghasilkan Uang

Siapa yang suka menulis novel? Kamu suka menulis novel online atau hanya menyimpan karya kamu di laptop?

Nah, bagi kamu yang suka menulis novel online. Ada banyak platfrom menulis online yang tersedia di Indonesia mulai yang paling populer dan biasa-biasa saja.

Platform ini bisa menjadi pilihan kamu untuk mempublishkan karya novel kamu. Setiap platform pastinya memiliki keunggulan dan ciri khas masing-masinng.

Setiap penulis selalu memilih tempat yang paling nyaman untuk menulis.

Berikut ini 5 platform menulis yang harus kamu tahui.

1. Wattpad

Wattpad merupakan platform menulis novel yang paling populer dan menjadi favorite anak-anak zaman now. Wattpad dikenal juga dengan dunia orange.

Platform ini menampilkan kisah-kisah romantis dan menarik. Selain itu wattpad juga menyajikan cerita bergenre fan-fiction dia mana selali bercerita tetang boyband atau girlband favorit, wattpad juga menyajikan cerita-cerita lainnya seperti cerita anak

Keunggulan Wattpad adalah kamu bisa menulis dan membaca melalui aplikasi ataupun web, Artinya, buat kamu yang memori ponselnya terbatas, kamu bisa mengakses wattpad lewat web dan tidak perlu menginstall aplikasi di Playstore.

Wattpad juga memiliki thumbnail foto yang menarik ketika link halaman buku kamu share di media sosial. Sehingga bisa menarik pembaca lebih banyak jika penulis pandai memilih thumbnail.

Wattpad juga menjadi tempat favorit penulis karena beberapa cerita dari wattpad telah diangkat ke layar lebar. Wattpad memang platform paling menarik.

2. Novelme

Novelme merupakan platform baru di dunia kepenulisan online. Platform ini berhasil menarik banyak penulis di dalamnya karena hadiah yang nilainya lumayan untuk penulis.

Tapi, tidak mudah juga untuk bisa mencapai ranking 1 atau mendapatkan pembaca yang setia. Bukumu harus menarik, kamu harus rajin upload dan share ke medsos supaya pembacamu mau kasih bintang buat bukumu. Kalau tidak, maka rank kamu akan jatuh alias terjun payung.

Platform ini masih punya banyak kekurangan. Seperti, buku-buku hanya bisa diakses via aplikasi dan penulis hanya bisa menulis ceritanya via web PC. Untuk share postingan juga tidak muncul thumbnail gambar dan kurang menarik perhatian.

3. Storial

Storial adalah salah satu platform menulis yang bisa berkolaborasi bersama teman dalam satu buku.

Di sini kita bisa nulis bareng-bareng loh. Kalau di platform lain lebih individual, di sini kita bisa mendapat teman untuk berkolaborasi dan saling melengkapi. Buat kamu yang masih belajar menulis, kamu bisa mengajak penulis senior untuk berkolaborasi agar kualitas tulisanmu menjadi lebih baik.

Kekurangan dari Storial adalah thumbnail gambar yang tidak muncul saat kita share link ke media sosial.

4. Cabaca

Cabaca merupakan aplikasi baca dan penerbitan digital di Indonesia.

Di sini, penulis mendapatkan royalty apabila bukunya mendapatkan banyak pembaca. Pembaca juga hanya bisa membaca gratis 3 bab awal dari buku yang akan kita baca. Bab selanjutnya, kita harus membeli kerang untuk bisa membaca karya-karya penulis.

Di sini, naskah yang masuk juga melalui proses review oleh editor. Jadi, naskah yang sudah terbit adalah naskah yang telah melalui proses review.

5. Gramedia Writing Project

Gramedia Writing Project awal mulanya adalah sebuah kompetisi penulis agar bisa masuk ke penerbit mayor dan bukunya bisa diterbitkan oleh pihak Gramedia.
Namun, GWP tidak sepopuler Wattpad.

Platform ini memiliki banyak kekurangan. Pertama, GWP tidak memiliki aplikasi untuk pembaca sehingga tidak banyak pembaca yang berminat membaca tulisan di GWP.

Like & Share