8 Manfaat Madu Bagi Kesehatan


Sejak zaman dulu madu dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Dari segi kesehatan tentu madu lebih sehat jika dibandingkan dengan gula. Madu memiliki kalori gula dan dapat menyerap lemak dengan baik, terutama kalau dikonsumsi bersamaan dengan air hangat. Warna dan aroma madu bervariasi tergantung pada jenis nektar bunga di lingkungan lebah. 

Berikut ini 8 manfaat madu bagi kesehatan.

1. Mencegah kanker dan penyakit jantung

mencegah kanker dan penyakit jantung

Madu mengandung polifenol serta flavonoid, mampu mengurangi resiko beberapa penyakit kanker  dan penyakit jantung. Madu juga mengandung antioksidan yang mampu menopang aktvitas enzim yang menunjang kesehatan tubuh.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

memperkuat sistem kekebalan tubuh

Jenis madu manuka dari australia telah ditemukan untuk meransang produksi sel-sel kekebalan tubuh menurut sebuah penelitian di School of Medicine, Cardiff University, Inggris.

3. Menyembuhkan jerawat, luka, bisul, dan herpes

menyembuhkan jerawat, luka, bisul, dan herpes

Kandungan antibakteri dan antijamur yang terkandung dalam madu dapat menyembuhkan jerawat, luka, bisul dan herpes. Untuk menyembuhkan luka, Kamu dapat mengaplikasikan madu langsung ke area infeksi, dan bilas setiap 24-48 jam sekali.

4. Menutrisi kulit

menutrisi kulit

madu bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan, madu juga dapat dimanfaat kan untuk melembabkan dan menutrisi kulit. Kulit akan tampak lebih sehat, cerah dan terhindar dari berbagai penyakit.

5. Ramah bagi penderita diabetes

ramah bagi penderita diabetes

Jika selama ini makanan manis selalu menjadi musuh utama penderita diabetes, namun tidak dengan madu. mengonsumsi madu asli malah dapat mengurangi resiko diabetes. Mdu juga dapat dipakai untuk membantu pengobatan diabetes.

6. Mengobati batuk dan sakit tenggorokan

mengobati batuk dan sakit tenggorokan

Karena dapat mengurangi produksi lendir, maka madu cocok digunakan sebaai obat batu alami. untuk mengatasi batuk, konsumsilah 1/2 sampai 2 sdt madu sebelum tidur.

7. Mempertajam daya ingat

mempertajam daya ingat

Salah satu upaya untuk mempertajam daya ingat adalah dengan mengonsumsi madu. Madu meemiliki kadungan antioksidan yang menyehatkan sel-sel otak dan sistem saraf.

8. Menurunkan kolesterol

menurunkan kolesterol

Madu dapat menurunkan kolesterol secara alami. Kolesterol memang diperlukan tubuh untuk membantu mencerna lemak, namun jika kadarnya terlalu banyak, maka itu tidak baik. Untuk kamu yang memiliki kolesterol tinggi, konsumsilah 1 sdm madu setiap harinya.

Load comments