7 Ciri-ciri Orang Pelit dan Cara Menghadapinya

pelit

Didunia ini pasti anda sering bertemu orang-orang yang memiliki sifat pelit. Bila anda mendengar kata pelit, anda selalu mengaitkannya dengan hal-hal negatif. Namun hal ini benar adanya. Kebanyakan orang yang memiliki sifat pelit tidak memiliki banyak teman. Apalagi jika anda punya teman pelit memang suka bikin dongkol. Ditambah lagi membuat anda serba salah. Mau dijauhin , tapi dia teman anda. Mau tetap berteman, lama-lama makan hati juga.

Berikut ciri-ciri orang yang pelit.

1. Mengutamakan sesuatu yang gratis

mengutamakan sesuatu yang gratis

Biasanya orang yang bersifat pelit akan lebih mengutamakan sesuatu hal yang gratis dibandingkan dengan membeli dan membayar sendiri. 

2. Tidak mau rugi

tidak mau rugi

Ciri orang pelit dapat anda lihat ketika orang tersebut tidak ingin mengalami kerugian. Misalnya jika anda memiliki permen, biasanya orang pelit akan meminta permen kepada anda padahal dia juga memiliki permen yang sama dengan anda. Tentu saja hal itu membuat anda merasa jengkel.

3. Senang mengikuti kuis berhadiah

senang mengikuti kuis berhadiah

Sebenarnya merupakan hal yang wajar jika mengikuti kuis berhadiah. Namun bagi orang pelit, acara semacam itu tentu saja menjadi hal yang mengguntungkan bagi mereka. Sehingga mereka akan terus menerus memaksakan diri untuk mengikuti kuis berhadiah yang ada.

4. Hindari pajak

hindari pajak

Ciri orang pelit adalah menghindari pajak makanan yang ada di restoran. Umumnya orang pelit cuma akan membayar cost makanan yang dipesannya saja tanpa harus membayar pajak makanan. 

5. Tidak suka bawa uang cash

tidak suka bawa uang cash

Orang pelit paling males bawa uang tunai, kalaupun dia bawa jumlahnya cuma sedikit. Kalau ada acara makan-makan biasanya mereka bakal minta dibayarin dulu dengan alasan belum ambil uang cash.

6. Perhitungan

perhitungan

Ciri orang pelit sekecil apapun uangnya, bakal ditagih sama dia. Contohnya jika dia punya utang ke anda 53.000 lalu dia membayar 55.000. Orang yang pelit bakal nagih uang kembaliannya 2000. Orang pelit benar-benar perhitungan dalam hal uang dan dia tidak mau rugi.

7. Selalu minta tethering

suka minta tethering

Ciri orang pelit selalu mencari yang namanya wifi gratis. Kalau ternyata tempat kalian nongkrong tersebut tidak ada wifi dia bakal minta tethering ke anda. Alasannya, internet kouta udah mau habis. Kalau 1-2 kali mungkin nggak masalah, tapi kalau dia minta tethring setiap anda nongkrong, mending anda jauhin aja.

Cara menghadapi orang yang pelit.

1. Tetap bersikap baik

tetap bersikap baik

Walaupun teman anda pelit dan tidak suka menolong anda, saat dia butuh bantuan anda tunjukkan bahwa anda tetap mau bersikap baik kepada dia.

2. Sindir

sindir

Menyindir hampir sama dengan memberi peringatan tapi secara halus ya. Contohnya, jika kamu membeli makanan kamu bisa bilang "Nggak boleh ada yang minta ya, aku kan pelit kayak Mr. Crab hahaha". Mudah-mudahan setelah anda berkata seperti itu teman anda merasa dan mengubah sifat pelitnya.

3. Bicara terus terang

bicara terus terang

Jika sindiran kita tadi juga nggak sampai. Ini saatnya buat anda berkata terus terang. Supaya dia tidak tersinggung dengan kata-kata anda, anda bisa bicara sambil bercanda supaya tidak terlalu serius. 

4. Ikhlas

ikhlas

Jika ternyata sudah disindir dan diberitahu secara terang-terangan tapi ternyata teman anda tidak ada perubahan. Mungkin iu saatnya anda memaklumi sifat teman anda tersebut. Lagipula masih banyak sikap dia yang positif sehingga anda masih berteman sama dia. Makanya anda harus berpikir positif terhadap teman anda tersebut.

Load comments