7 Cara Menahan Lapar Saat Puasa

ramadhan

Pada saat menjalankan ibadah puasa, menahan haus dan lapar saat puasa mungkin menjadi salah satu hal terberat yang harus kamu lakukan apalagi ketika hari menjelang siang. Hal ini disebabkaan karena kurangnya asupan nutrisi dan air. 

Agar kamu terhindar dari rasa haus dan lapar, berikut adalah cara ampuh menahan lapar saat puasa.

1. Jangan makan bubur atau mie instan saat sahur

jangan makan bubur atau mie instan saat sahur

Jangan makan bubur atau mie instan saat sahur karena sensasi kenyang yang akan kamu rasakan hanya sebentar saja. Kedua makanan ini mengandung glikemik yang tinggi, ini bisa membuaat kamu gagal menahan lapar saat puasa. Sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan protein seperti sayuran dan buah.

2. Banyak minum air

banyak minum air

Minum adalah hal yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Pada saat menjalankan puasa kamu bisa minum dengan pola 2-4-2, yang berarti minum dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas saat malam sebelum tidur dan dua gelas saat sahur. Dengn begitu kamu bisa menahan lapar saat puasa dan terhindar dari dehidrasi.

3. Makan sumber karbohidrat kompleks

makan sumber karbohidrat kompleks

Selain mengonsumsi buah dan sayuran saat sahur, kamu bisa menahan lapar saat puasa dengan makan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama. makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain nasi merah, kentang, oatmeal, ubi, serelia utuh, dan quinoa.

4. Minum yoghurt waktu sahur

minum yoghurt waktu sahur

Yoghurt ternyata cukup aman untuk dikonsumsi saat buka puasa atau sahur. Tidak hanya baik untuk pencernaan bakteri baik pada yoghurt juga akan menjaga kesehatan mulut dan gigi. Yoghurt mengandung glikemik rendah, minuman ini sebaiknya diminum setelah makan terakhir saat sahur supaya kenyang yang dihasilkan terasa lama.

5. Konsumsi madu

konsumsi madu

Rutin meminum madu adalah satu rahasia yang nggak bakal bikin kamu capek mesti aktif beraktivitas selama puasa. Madu mengandung glukosa yang nantinya akan diproses tubuh menjadi energi. Kandungan gulanya rendah jadi bisa membantu menjaga kadar gula darah. Madu sangat bermanfaat  buat tubuh karena bisa lebih semangat menahan lapar saat puasa.

6. Tidur cukup batasi aktivitas

tidur cukup batasi aktivitas

Tips yang satu ini wajib kamu lakukan demi bisa menahan lapar saat puasa. Tidak perlu ragu untuk tidur siang karena dengan tidur, kamu bisa mendapat pahala selama puasa. Rasa lapar juga tidak terasa selama tidur. Namun ingat, meski tidur adalah ibadah bukan berarti kamu boleh bermalas-malasan seharian.

7. Jalan-jalan di sore hari

jalan-jalan di sore hari

Jalan-jalan sore ternyata bisa mengalihkan rasa lapar. Tidak hanya jalan-jalan, melakukaan olahraga lainnya juga bisa membuat kamu menahan lapar saat puasa dengan baik. Sebaiknya dilakukan di sore hari menjelang buka puasa karena kamu bisa memulihkan tenaga dengan asupan makanan dan cairan yang cukup.

Load comments