10 Hal Yang Bisa Membatalkan Puasa

membatalkan puasa

Pada saat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, selain harus melaksanakan kewajiban-kewajiban saat puasa, namun bagi umat muslim juga dituntut untuk menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan puasa. Mereka sangat menjaga agar ibadah menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari tersebut tidak sia-sia. 

Berikut ini 10 hal yang bisa membatalkan puasa.

1. Sikat gigi saat puasa

sikat gigi saat puasa

Sebenarnya menyikat gigi masih menjadi kontroversi antara boleh dan tidak boleh, karena setiap ulama dan ustadz berpendapat berbeda. Beberapa ulama menyebutkan sikat gigi saat puasa adalah hal yang makruh dan bisa membatalkan puasa, apalagi kalau dilakukan setelah waktu dzuhur.

2. Berkumur saat puasa

berkumur saat puasa

Sama seperti sikat gigi saat puasa, berkumur saat puasa juga bisa membatalkan puasa. Apalagi jika berkumur dilakukan dengan berlebihan ketika cuaca sangat terik. Makanya banyak orang yang tidak melakukan kumur saat wudhu dibulan ramadhan.

3. Mencicipi masakan

mencicipi masakan

Mencicipi masakan saat puasa ini bisa menjadi hal yang membatalkan puasa. Karena secara tidak langsung seseorang telah merasa dari suatu makanan. Beberapa ulama menyatakan mencicipi makan hukumnya makruh.

4. Muntah dengan sengaja

muntah dengan sengaja

Bukan makan dan minum saja yang membatalkan puasa. Muntah juga bisa membatalkan puasa, apalagi kalau muntahnya ini disengaja. Namun jika muntahnya karena sakit, tidak membatalkan puasa.

5. Merokok

merokok


Hal ini masih banyak dipertanyakan orang, merokok adalah salah satu hal yang membatalkan puasa. Karena merokok seseorang mampu melepaskan rasa lapar dan dahaga.

6. Berenang

berenang

Sebenarnya berenang boleh-boleh saja selama bulan puasa tapi yang pasti kamu harus menjaga tidak ada air yang masuk kedalam tubuh. Jika kamu merasa ragu apakah air masuk kedalam tubuhmu saat berenang, lebih baik kamu tidak berenang selama bulan puasa.

7. Terlalu emosi

terlalu emosi

Disamping hawa nafsu, kita juga perlu menahan emosi atau kemarahan selama berpuasa. Jika seseorang yang sedang puasa secara tidak sadar mengeluarkan emosi secara berlebihan, maka puasanya batal.

8. Daya tahan tubuh turun

daya tahan tubuh turun

Kondisi seseorang yang daya tahan tubuhnya menurun karena sakit tidak diwajibkan berpuasa. Karena seseorang yang sedang sakit perlu mendapatkan asupan gizi dari makanan untuk mengembalikan kondisi tubuhnya seperti semula.

9. Menstruasi

menstruasi

Menstruasi adalah rutinitas yang dialami oleh kaum wanita setiap bulannya. Saat bulan ramadhan, wanita yang sedang menstruasi dilarang untuk berpuasa. Mereka bisa menggantinya dibulan lain.

10. Ejakulasi

ejakulasi

Ejakulasi bisa membatalkan puasa karena termasuk melampiaskan hawa nafsu. Bahkan saat kamu berpikir yang aneh-aneh pun bisa membatlkan puasa.

Load comments