Ini 6 Dampak Buruk Minum Sambil Berdiri

resiko bila minum sambil berdiri


Minum adalah salah satu kebutuhan dasr manusia yang sangat penting. karena sebagian besar komposisi tubuh manusia adalah air, maka manusia bisa bertahan lebih lama jika tidak makan dibandingkan dengan tidak minum. Kekurangan air dalam tubuh juga berpengaruh terhadap masalah kesehatan manusia setiap harinya. Manusia memerlukan 1-2 liter air untuk membantu proses fisiologis didalam tubuhnya.

Selain kurang minum ternyata ada satu hal lagi yang juga dapat membawa dampak buruk bagi tubuh., yaittu minum sambil berdiri. Apakah kamu pernah atau bahkan sering melakukannya tanpa kalian sadari? Jika iya maka mulai sekarang cobalah untuk mengurangi kebiasaan tersebut ya, karena dampaknya tidak baik untuk tubuh. Berikut 6 dampak buruk minum sambil berdiri.

1. Minum Sambil Berdiri Dapat Mengganggu Bahkan Merusak Sistem Pencernaan

dapat merusak sistem pencernaan


Ketika kamu minum sambil berdiri maka tenggorokan akan menyempit dan mengerut. Akibatnya air akan langsung masuk ke dalam tubuh dengan cepat tanpa melewati usus ataupun dinding  usus. Air yang masuk dengan cepat kedalam tubuh tanpa melewati usus dapat menimbulkan dampak lain yaitu terhambatnya proses penghancuran makanan pada jaringan pencernaan. Akibatnya kamu dapat mengalami nyeri perut, kembung, mual, atau bahkan hingga muntah.

2. Saraf-Saraf Tubuh Menjadi Tegang

saraf tubuh akan menjadi tegang


Tanpa kamu sadari, minum sambil berdiri dapat membuat saraf-saraf yang ada dalam tubh menjadi tegang. saat berdiri sistem urat saraf simpatik akan menahan semua otot dan menjaga keseimbangan. Selain itu tegangnya saraf-saraf juga dapat mengakibatkan saraf menjadi stress. Kondisi ini dapat memicu disfungsi saraf menjadi stress.

3. Kesehatan Jantung Dapat Terganggu

kesehatan jantung dapat terganggu


Ketika minum sambil berdiri, ada reaksi secara tiba-tiba dari saraf kelana. saraf kelana adalah salah satu saraf yang berhubungan dengan jantung. Ketika minum sambil berdiri saraf simpatik akan aktif, maka ketika itu pula saraf simpatik ini akan berefleksi dengan saraf kelana. Apabila kedua saraf ini berefleksi maka selanjutnya akan memengaruhi detak jantung.
4. Lambung Dapat Terganggu

lambung dapat terganggu


Organ tubuh yang rentan terganggu jika kamu sering minum sambil berdiri adalah lambung. Ketika minum sambil berdiri, air masuk secara tiba-tiba ke lambung sehingga proses pencernaan makanan pun menjadi sulit. Akibatnya dinding lambung akan terluka, lalu terjadi peradangan lambung, dan asam lambung.

5. Ginjal Tidak Bisa Melakukan Proses Penyaringan Dengan Baik

ginjal tidak dapat melakukan proses penyaringan dengan baik


Ketika minum sambil berdiri juga berdampak buruk pada ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang cukup vital sehingga memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah untuk proses penyaringan. Tetapi jika kamu minum sambil berdiri, fungsi ginjal untuk menyaring akan terganggu.

6. Risiko Terkena Arthritis

arthritis


Arthritis adalah peradangan pada sendi yang dapat menimbulkan rasa sakit, bengkak, kaku, dan sulit bergerak. Jika kamu minum sambil berdiri, air yang masuk kedalam tubuh tidak tersebar secara merata termasuk ke bagian sendi. Akibatnya cairan tubuh menjadi tidak seimbang dan terjadi penumpukan cairan pada sendi yang dapat menyebabkan arthritis.

Load comments