8 Khasiat Buah Stroberi Untuk Kesehatan

buah stroberi

Stoberi adalah salah satu tanaman yang populer di seluruh dunia. Buah yang aslinya berasal dari benua Eropa. Salah satu spesies tanaman stroberi yaitu F. vesca L. Jenis stroberi ini pula yang pertama kali masuk ke Indonesia.  Buah mungil berwarna merah dan berbintik-bintik ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah stroberi mengandung berbagai antioksidan, senyawa tumbuhan, mangan, dan vitamin C. 

Berikut ini 8 khasiat buah stroberi untuk kesehatan. 

1. Memutihkan gigi

memutihkan gigi

Asam malat yang terkandung dalam buah stroberi bertindak sebagai zat yang akan mengikis dan menghilangkan beberapa noda pada permukaan gigi. Dengan mengkonsumsi  buah stroberi setiap hari dapat membantu menyehatkan mulut, seperti memutihkan gigi, menghilangkan bau mulut dan membuat napas menjadi leih segar.

2. Mengobati jerawat

mengobati jerawat

Kandungan asam salisiat didalam buah stroberi memiliki manfaat untuk mengobati jerawat secara alami.

3. Menghaluskan kulit

menghaluskan kulit

Buah stroberi mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya gunakan buah stroberi sebagai lulur mandi. Agar mendapatkan manfaat lebih, cmpurkan buah stroberi dengan susu dan minyak zaitun. Kulit akan menjadi halus dan akan tampak lebih cerah.

4. Menjaga kesehatan mata

menjaga kesehatan mata

Dengan adanya zat antioksidan tinggi pada buah stroberi, hal ini berguna memerangi radikal bebas dan tentunyaa sekaligus mencegah penuaan dini. 

5. Penyakit jantung

penyakit jantung

Karena tinggi serat, folat, viamin C dan antioksidan. Buah stroberi cukup efektif mengurangi kadar kolesterol didalam tubuh dan mencegah penyakit jantung.

6. Tekanan darah tinggi

tekanan darah tinggi

Kandungan potasium dan zat besinya, buah stroberi sangat efektif menekan tekanan darah tinggi dan membuatnya normal kembali.

7. Menjaga kesehatan otak

menjaga kesehatan otak

Radikal bebas tidak hanya menyebabkan penuan dini, namun juga mengancam kondisi fungsi otak. Dengan adanya vitamin C dan fitonutrien hal tersebut bisa dicegah.

8. Mencegah kanker

mencegah kanker

Kandungan vitamin A, C, E dan asam ellagik berfungsi untuk melumpuhkan sel kanker dalam tubuh. Buah stroberi dipercaya dapat mencegah terjadinya penyakit leukimia. 

Load comments