Contoh dan Pengertian 7 Osi Layer pada Jaringan Komputer

Osi Layer



- Phisical layer digunakan untuk bertanggung jawab atas proses data menjadi bit dan mentransfernya melalui media, seperti kabel, dan menjaga koneksi antar sistem.

contoh: Hub, FDDI, Amplifer, TDR, MultiPlexer.


- Data Link Layer digunakan untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan dengan format frame. selain itu dilever ini juga dapat mengkoreksi kesalahan data dan pada layer ini menyediakan tranfer data yang nyata.

contoh: NIC/LAN Card, PP (point to point protocol), Bridge, Swicth.







-Network Layer digunakan untuk menentukan alamat IP dan perjalanan rute, hingga dapat dikirim keluar dari network lokal ke network lainnya selain itu fungsi yang dapat dilakukan network layer adalah membagi aliran data biner ke paket diskrit dengan panjang tertentu, mendeteksi error dan memperbaiki error dengan mengirim ulang paket.

contoh: Router, Brouter, Frame Relay Device, ATM Switch, Advanced Cable Tester.


-Transport Layer digunakan untuk memecah data menjadi paket-paket serta memberi nomor urut paket dan layer ini juga bertanggung jawab menyediakan mekanisme multiplexing (teknik untuk mengrim dan menrima beberapa data yang berbeda sekaligus pada saat bersamaan)

contoh: Getway, Brouter, Cabel Tester, TCP, UDP.


-Session Layer yang digunakan untuk menetap, mengatur dan menghentikan sesi pengiriman data. Session Layer juga bertanggung jawab membentuk, mengelola dan memutuskan sesion antar layer diatasnya, serta mempertahankan data dari berbagai aplikasi yang digunakan .

contoh: Socket. NetBIOS, RPC, Mail SLots, Namer Pipes.


- Presentation Layer digunakan untuk bertanggung jawab dimana data akan dicek dan diformat untuk transfer data.

contoh:
*format gambar (GIF, JPG, PNG dll)
*SMPTP/Simple Mail Transfer Protocol untuk pertukaran mail
*SNMP/Simple Network Management Protocol untuk manejemen berupa text
*FTP untuk transfer file
*Telnet untuk akses remote masuk kedalam suatu host.





- Aplication Layer digunakan untuk menyediakan jasa untuk penggunanya. lapisan ini penghubung utama antara aplikasi berjalan pada suatu komputer yang membutuhkan akses.

contoh: Telnet, HTTP, WWW Browser, Email-Client (out look express, fox mail dll), Gateway.

Load comments