Share

10 Tipe- Tipe Pembaca Buku, Kamu Yang Mana Nih?

10 Tipe- Tipe Pembaca Buku, Kamu Yang Mana Nih?

Membaca adalah proses yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan dan infromasi pengalaman baru yang disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata dan bahasa tulis.

Ada orang yang sangat membaca buku dan menjadikannya suatu hobi, ada yang hanya iseng saja dan ada juga yang tidak bisa hidup tanpa membaca buku.

Setiap orang mempunyai gaya dalam membaca bukunya sendiri. Mulai dari si pembaca buku fiksi, nonfiksi, setengah-setengah dan lain-lain.

Yuk kita simak tipe-tipe pembaca buku, kamu termasuk pada nomer berapa nih?

1. Si Pembaca Buku Fiksi

Tipe pembaca buku ini sangat suka dengan buku genre fantasi, romance, fanfiction, thriller maupun horor yang sifatnya menghibur.

2. Si Pembaca Nonfiksi

Disisi lain ada juga tipe pembaca suku membaca buku nonfiksi, pembaca buku ini mereka merasa ceritanya lebih nyata dan menarik di bandingkan cerita fiksi karena buku nonfiksi dapat mengajarkan mereka sesuatu. Misalnya seperti buku biografi dan sejarah.

3. Si Pembaca Buku “Berat”

Berat disini bukan berarti bukunya tebal sampai susah diangkat yaa. Tapi, maksud dari tipe pembaca ini merupakan mereka yang menyukai buku ringan seperti novel dan komik.

4. Si Pembaca Buku Setengah-setengah

Biasanya tipe pembaca ini awalnya mereka sangat tertarik dengan buku yang dibaca tapi seiringnya waktu mereka mulai kehilangan keseruan sangat membaca atau baru saja membeli buku baru yang menurut mereka lebih seru.

5. Si Pembaca Ebook

Tipe pembaca ini biasanya anak-anak milenial yang senang membaca buku secara praktis dan tidak perlu membuka halaman satu persatu. Hanya dengan menggunakan ponsel, langsung bisa membaca buku dimana saja dan kapan saja.

6. Si Pembaca Spoiler

Ada tipe pembaca yang selalu mengintip halaman terakhir buku sebelum membacanya. Biasanya tipe pembaca ini ingin memastikan ending ceritanya sudah sesuai keinginan mereka atau hanya sekedar supaya tida penasaran saja.

Baca Juga:
4 Tips Mengembangkan Kebiasaan Membaca 

7. Si Pembaca Cepat

Tipe pembaca buku ini sangat cepat menghabiskan buku bacaan yang baru saja dibukanya. Kadang mereka hanya butuh waktu 1-2 hari untuk menyelesaikan satu buku.

8. Si Pembaca Ulang

Ada tipe pembaca yang langsung beralih ke buku berikutnya setelah selesai membaca, tapi beda halnya dengan tipe pembaca satu ini biasanya akan mengulang kembali membaca bagian yang dia sukai, Ada yang jatuh cinta pada tokoh atau ceritanya, dan ada juga yang biasanya ingin memahami maksud yang ingin disampaikan penulis.

9. Si Pembaca Buku Seri

Tipe pembaca ini tidak cukup hanya membaca satu buku saja, tapi harus dan wajib membaca seluruh buku terkait. Seperti penggemar serial buku Dan Brown dan Harry Potter.

10. Si Pembaca Baperan

Saat membaca buku terkadang suka jatuh cinta kepada karakter yang ada. Tipe pembaca ini biasanya akan terbwa perasaan saat karekater kesayangannya mengalami situasi yang sulit. Bisa sampai nangis atau marah-marah. Nah loh!

Like & Share